Desa Cilongok Peduli Kesehatan Gigi


Cilongok - Untuk meningkatkan kesehatan dan mutu kehidupan lanjut usia untuk mencapai masa tua yang bahagia, Puskesmas 1 Cilongok melaksanakan pemeriksaan kesehatan gigi yang diikuti 20 lansia Desa Cilongok pada Senin (11/2) di Halaman Posyandu Lansia Sida Asih 1.


Penanggungjawab kegiatan dr Teguh Ariyanto MPH, Damela Putri AMKG dan Rusitah Amd Keb.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, dengan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pada lansia dapat diketahui derajat kesehatan dasar dan perilaku kesehatan pasienya. Sehingga lansia juga mengetahui kesehatan gigi dan mulut serta cara mengatasinya.

"Lansia yang mengikuti kegiatan 20 orang diperiksa satu per satu. Setelah diperiksa dapat diketahui hasilnya. Kami juga mengedukasi dan menyampaikan tentang kesehatan gigi dan mulut sampai cara untuk merawat supaya harapan untuk mencapai masa tua yang bahagia dalam kehidupan bermasyarakat,"kata dr Teguh.

Hasil kegiatan pemeriksaan adalah dari 20 peserta dengan keseluruhan adalah perempuan. Rekomendasi tindakan Scaling 15 orang, pencabutan gigi 13 orang, penambalan gigi 3 orang, gigi palsu 15 orang dan Premedikasi 1 orang.

Setelah di tensi, diukur berat badan dan periksa giginya peserta lansia senam bersama di pandu oleh petugas lansia yaitu Rusitah Amd Keb. Usia 45-48 tahun sebanyak 3 orang, usia 60-65 tahun 12 orang dan usia lebih dari 70 tahun sebanyak 5 orang. Riwayat DM ada 2 orang dan Riwayat HT ada 6 orang.

Sangat disayangkan peserta laki-laki belum ada yang aktif datang di acara pemeriksaan ini. Harapannya kedepan, pesertanya beragam bukan hanya perempuan saja. Ini yang akan kami evaluasi supaya lebih baik lagi," pungkasnya.


Sumber
Lebih baru Lebih lama