Pekalongan Bangun Lokasi Wisata di Tanggul Raksasa Penahan Banjir


Kajen - Pemkab Pekalongan akan bangun lokasi wisata di tanggul raksasa penahan banjir rob. Tanggul raksasa tersebut panjang sekitar 10 kilometer, dan biaya pembangunan Rp 500 miliar lebih.



Di tengah tanggul raksasa tersebut nantinya akan terdapat parit selebar 30 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter lebih. Parit tersebut diwacanakan oleh Pemkab Pekalongan untuk dijadikan lokasi wisata air baru setelah tanggul selesai dikerjakan.

Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si saat meninjau progres pembangunan tanggul di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah pada Selasa (13/3/2019) sore, menerangkan panjang tanggul raksasa di Kabupaten Pekalongan mencapai 4 kilometer. Total sekitar 10 kilometer dari wilayah Kota Pekalongan, yang 4 kilometer ada di wilayah Kota Santri Pekalongan. Tanggul yang ada di wilayah Kota Santri nantinya akan kami bangun lokasi Wisata baru lengkap dengan fasilitas kolam ikan dan perahu Wisata.

Bupati Pekalongan menuturkan sengaja membuat tanggul penahan banjir rob menjadi multifungsi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Wonokerto  Pekalongan karena lokasi Wisata nantinya akan dikelola oleh pihak desa setempat, dan kami akan menunjang fasilitasi serta infrastrukturnya.

Dijelaskan Bupati Pekalongan KH, Asip Kholbihi SH .M.Si Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan sudah terdampak banjir rob sedari tahun 2008 lalu, dan kini saatnya mengubah pandangan dari bencana menjadi barokah.

Penyelesaian pembangunan dijadwalkan akhir tahun ini sudah selesai di bangun setelah itu Bupati Pekalongan akan buat pembangunan wisata baru  di tempat lain .

Reporter.(Rd)
Lebih baru Lebih lama