MASYARAKAT KAKI GUNUNG MERAPI DIUNGSIKAN KE TEMPAT AMAN

Sebagai antisipasi kemungkinan Gunung Merapi Meletus BPBD Kabupaten Magelang langsung mengungsikan masyarakat yang bermukim di bawah kaki Gunung Merapi ke tempat lebih aman di wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupten Magelang Jawa Tengah, Sabtu (7/11).

MAGELANG - Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Magelang Supranowo S.H..MM di Balai Desa Mertoyudan menjelaskan, Gunung Merapi saat ini berstatus siga l, warga dilarang mendekat di radius 5 km. Warga yang rumahnya berada kurang 5 km dari puncak diungsikan di barak-barak yang sudah disediakan oleh pemerintah Kabupaten Magelang.

Saat ini pengungsi yang ada berjumlah 532 orang dengan perincian dari Desa Babatan 1, Desa Paten Dukun 238 orang, dari Babatan 2 Paten Dukun 168 orang dan dari Trono Desa Krinjing Dukun 126 orang.

"Adapun ketiga Desa yang ditempati pengungsi dari Gunung Merapi, yaitu Desa Banyurojo, pengungsi 238 orang, Desa Deyangan 126 orang, Desa Mertoyudan 168 orang. Semua ada di  Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Supranowo juga mengatakan penetapan radius untuk antisipasi guna mencegah adanya korban jiwa pada saat gunung Merapi meletus. 

Balai Desa Mertoyudan ini juga dilengkapi petugas kesehatan. Ketika ada pengungsi yang mengeluh karena kesehatan, petugas langsung mrmberikan pertolongan.

Kepala Desa Mertoyudan Eko Sungkono menambahkan bahwa pengungsi di Balai Desa Mertoyudan berjumlah 168 orang. Balai desa juga dilengkapi dapur umum untuk makan 3 kali dengan menu yang berbeda.

"Kami selaku Kepala Desa Nertoyudan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Mertoyudan yang ikut peduli memberikan bantuan sembako untuk saudara kita pengungsi dari Gunung Merapi.

Ia juga merasa senang para relawan BPBD Kabupaten Magelang ikut bergotong royong bergantian memasak di dapur umum guna untuk memberikan makan kepada para pengungsi.

Menurutnya saat ini yang masih kurang adalah pakaian siap pakai untuk orang tua maupun anak- anak serta selimut, susu, pampers dan tikar. ***


[DISINFORMASI] UANG Rp75 RIBU BISA MENAMPILKAN VIDEO MUSIK

Ramai di media sosial sebuah postingan video jika uang edisi khusus kemerdekaan pecahan Rp75 ribu bisa menampilkan video musik. Dalam postingan tersebut, dikatakan bahwa bagi yang mempunyai uang Rp75 ribu bisa discan menggunakan aplikasi Artivive.

Faktanya, artivive merupakan sebuah aplikasi augmented reality atau teknologi yang menggabungkan dunia nyata dan virtual. Ada pengaturan khusus jika ingin berkreasi dengan aplikasi ini. Jadi, video yang muncul dalam scan sebuah benda bisa lebih dulu diatur. Menanggapi video yang beredar, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko mengungkapkan apa yang ada dalam video tersebut menggunakan teknologi AR dan bisa diterapkan di berbagai objek apapun tidak hanya uang.

Sumber:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/29707/disinformasi-uang-rp75-ribu-bisa-menampilkan-video-musik/0/laporan_isu_hoaks

Link Counter: https://finance.detik.com/moneter/d-5189332/ramai-di-medsos-uang-rp-75000-bisa-muncul-video-ini-faktanya

Lebih baru Lebih lama