POLRI DAN PENEGAKAN HUKUM BERBASIS ELEKTRONIK

Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri menyampaikan 8 komitmen yang salah satunya adalah ingin mulai mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik di bidang lalu lintas, yang salah satunya adalah melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Dengan demikian penerapan teknologi di bidang informasi akan lebih dimanfaatkan untuk mencatat dan mendeteksi pelanggaran-pelanggaran lalu lintas secara elektronik. 


Foto Kompas.com


Dengan memanfaatkan teknologi terkini maka situasi arus lalu lintas dapat terpantau setiap saat. Pelanggaran lalu lintas pun dapat terekam sehingga memudahkan aparat kepolisian untuk mencatat dan melakukan penindakan lebih lanjut.

Seperti kita tahu, teknologi sudah sedemikian maju dan bahkan kini juga memungkinkan untuk mengenali objek melalui kamera berkat teknologi kecerdasan artifisial atau Artificial Inteligence (AI). 

Pemanfaatannya kini adalah langkah yang semakin menjadi kebutuhan untuk terus dikembangkan oleh banyak pihak, juga di kepolisian.

Tidak hanya untuk kepentingan dalam melakukan tindakan terhadap pelanggaran lalu lintas, tapi tentu saja juga untuk aspek yang lebih luas bagi kepentingan mewujudkan keamanan, pertahanan, maupun kesejahteraan bangsa.

Dari hal ini maka bisa dikatakan bahwa komitmen Komjen Pol Listyo Sigit tersebut di atas sangat visioner. Apalagi bila mengingat akses dan penggunaan teknologi di Indonesia juga sudah semakin meluas, sehingga keamanan siber juga harus lebih ditingkatkan. 

Kamis 21 Januari 2021 Rapat Paripurna DPR telah mengesahkan keputusan Komisi III yang menyetujui pengangkatan Sigit sebagai Kapolri. Dengan demikian, Sigit akan mengikuti upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta.

Kita berharap Polri dan lembaga-lembaga terkait ke depan harus terus membangun sistem keamanan yang kuat dan tidak gagap menghadapi kemajuan teknologi dengan menerapkan teknologi mutakhir tersebut.

Memanfaatkan teknologi untuk kesejahteraan menjadi topik yang menarik untuk dikupas. Klik tautan di bawah ini untuk membaca tulisan saya mengenai hal ini selengkapnya di Kompasiana.

https://www.kompasiana.com/tripujiraharjo7254/60098d54d541df6258616873/penerapan-teknologi-untuk-kesejahteraan

Salam. ***

(TRY RAHARJO)



Baca juga:

KAPOLRESTA BANYUMAS KUNJUNGI DANREM 071/ WIJAYAKUSUMA 

PENGECEKAN PELAKSANAAN PROKES DI KAWASAN OBJEK VITAL DI BATAM



Lebih baru Lebih lama