DPD SPRI Jateng segera gelar Pelatihan Assesor Jurnalistik




SALATIGA - Pengurus Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD SPRI) Jateng mengadakan rapat konsolidasi internal dengan agenda membahas program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang di Pemancingan dan Resto Mas Karebet Tingkir, Salatiga (27/4/2021).

Rapat koordinasi dilaksanakan untuk mendapatkan masukan dan saran serta menyamakan pandangan dan persepsi dalam rangka fasilitasi organisasi pers  DPD SPRI Jateng agar pelaksanaan berjalan dengan lancar dan terorganisasi dengan baik sesuai tugas pokok dan fungsinya. 

Dalam rapat tersebut Ketua DPD SPRI Jateng Sriyanto Achmad, S.Pd. MH (Med) menyampaikan pemantapan program kerja yang sebelumnya telah dibahas di Semarang satu bulan yang lalu 

"Kita akan mengadakan halal bi halal di Bandungan setelah itu pelaksanaan  program selanjutnya akan mengadakan pelatihan para legal. Di bulan Agustus mendatang akan mengadakan pelatihan  asesor yang sesuai peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia," katanya.

Menurutnya selama ini uji kompetensi banyak didominasi oleh Dewan Pers, kita sebagai anggota SPRI yang menginduk pada Dewan Pers Indonesia ini seharusnya sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang merupakan suatu pengakuan seseorang pada profesinya.

"Kalau dia wartawan ya wartawan sesuai pengetahuan, kemampuan skill serta attitude dia tentang kepentingan khusus wartawan tersebut. Nantinya mendapatkan pelatihan assesor atau master assesor yang dimiliki Badan Sertifikasi Nasional Profesi (2BNSP) di Tempat Uji Kompetensi (TUK). Seperti pelatihan assesor yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di SPRI. Jadi uji kompetensi yang benar di tempat uji kompetensi (TUK) itulah yang benar sesuai peraturan perundang-undangan," paparnya.

Peserta rapat sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan rapat koordinasi dalam rangka konsolidasi pengurus DPD SPRI Provinsi Jawa Tengah.

Sriyanto berharap  masukan yang disampaikan oleh pengurus nantinya akan mendapatkan respon yang baik bagi organisasinya sehingga diharapkan bermanfaat bagi pelaksanaan program program DPD SPRI Jateng ke depan.***
Lebih baru Lebih lama