Peringatan hari lahir ke-92 Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama

PURWOKERTO - Peringatan hari lahir ke-92 Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama oleh Pengurus Cabang LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas dimeriahkan berbagai agenda kegiatan. Puncak peringatan harlah bertemakan ”Berkhidmah Melalui Pendidikan Ma’arif yang Inovatif dan Responsif di Era Digital” dilaksanakan secara daring dan luring di Aula PCNU Kabupaten Banyumas, Purwokerto (19/9).

Hari lahir pada tahun ini dimeriahkan dengan lomba madrasah dan sekolah Ma’arif berprestasi, launching buku antologi puisi, vlog competition dan lomba pengelolaan SIMNU terbaik. 

Ketua Pengurus Cabang LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Prof. Dr. Fauzi, M.Ag mengatakan, lomba dilaksanakan secara online ini untuk memberikan motivasi dan evaluasi kelembagaan tentang capaian madrasah dan sekolah Ma’arif selama satu tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Fauzi membacakan karya sastra puisinya yang tergabung dalam buku antologi puisi “Festival Puisi Ma’arif untuk Negeri”. Festival puisi digelar untuk melatih dan mengembangkan nilai karakter peserta didik guna mengoptimalkan Gerakan Literasi Ma’arif di masa mendatang. 

“Pada peringatan harlah kali ini saya membacakan puisi sendiri. Selain itu, yang membanggakan LP Ma’arif NU Banyumas memberikan bantuan dana pendidikan kepada Universitas NU Purwokerto untuk pengembangan pendidikan,” jelasnya.

Bantuan dana pendidikan ini bagian dari komitmen lembaga untuk bersinergi dan berkolaborasi. LP Ma’arif NU Banyumas memandang perlu memberikan stimulus kepada UNU sebagai wujud dukungan untuk pengembangan pendidikan di masa mendatang.

Peringatan harlah juga dilakukan dengan aksi sosial Ma’arif berbagi, sunatan masal, potong tumpeng, vaksinasi, dan pemasangan banner dan bendera NU di madrasah dan sekolah. Semua digelar dalam rangka untuk mendekatkan LP Ma’arif kepada masyarakat agar semakin dekat dan terus menebar manfaat.

“Melalui peringatan ini semoga memberikan motivasi dan spirit baru bagi madrasah dan sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU. Menambah semangat terus berkhidmah dan berinovasi melalui pendidikan Ma’arif yang responsif di era digital sekarang ini,” pungkas Wakil Rektor I UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto tersebut.***
Lebih baru Lebih lama