Komunitas pecinta dan pelestari seni budaya Goramas siapkan acara peringatan hari pahlawan

BANYUMAS - Komunitas pecinta dan pelestari seni budaya Goramas (Gotong Royong Banyumas) menggelar pertemuan di Kafe Pandawa Jl. Sunan Ampel Kedungares, Tambaksogra, Kecamatan Sumbang, Banyumas (12/10).

Kegiatan yang berlangsung secara terbatas dengan dihadiri sesepuh Mbah Hadiwijaya, Mbah Gobed, pengurus inti, dan sejumlah anggota tersebut adalah pertemuan rutin yang untuk kali ini membahas agenda persiapan untuk menyambut hari pahlawan 2021.

Dalam kesempatan membuka acara, Mbah Hadiwijaya sebagai sesepuh mengingatkan untuk selalu menjaga kesenian Banyumas, antara lain yaitu ebeg, agar dapat lestari sebagai identitas dan kekayaan budaya Banyumas.

Sementara Mbah Gobed memberikan semangat untuk dapat menindaklanjuti pertemuan dalam bentuk kegiatan nyata yang bermanfaat.

Kang Kirlan sebagai Ketua Goramas pun mengaku sependapat dan menegaskan bahwa yang utama adalah aksi atau tindakan yang nyata.

Selanjutnya pertemuan membentuk kepanitiaan untuk dapat mengadakan kegiatan dalam rangka menyambut peringatan hari pahlawan yang akan datang.

Dari hasil pembahasan lebih lanjut kemudian ditentukan untuk mengadakan kegiatan peringatan dalam bentuk apresiasi budaya pada hari Sabtu malam 13 November 2021 bertempat di Kafe Pandawa, dengan ketua panitia terpilih yaitu Bibi Retno.

Pertemuan berlangsung hingga sekitar pukul 24.00 dan ditutup dengan doa khusus untuk almarhum Bp Julianto sesepuh Goramas yang telah meninggal pada 19 September 2021 yang lalu.
***



Lebih baru Lebih lama