Masa Orientasi selesai, 95 Bintara Otsus pulang ke Papua

Brebes, Media Realita News - 95 prajurit TNI AD Abituren Dikjurba Otsus (Pendidikan Kejuruan Bintara Otonomi Khusus) Papua yang telah usai masa orientasi tugas setahun di jajaran Korem 071/ Wijayakusuma dikembalikan ke kesatuan masing-masing di Rindam, sebelum ditugaskan ke wilayah.

Pelepasan dan pemberangkatan ke 95 Bintara Otsus Papua tersebut dilakukan oleh Dandim 0713 /Brebes Letkol Inf Tentrem Basuki dan Kasipersrem 071/ Wijayakusuma Letkol Inf Harton, S.Pd., mewakili Danrem 071/ Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., Sabtu (18/6/2022) di Rest Area 260 B Banjaratma, Brebes.

Mereka diberangkatkan menggunakan 6 bus dari masing-masing Kodim jajaran Korem 071/ Wijayakusuma yang membina Bintara Otsus Papua menuju pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta dengan tujuan Kodam XVII / Cendrawasih dan Kodam XVIII /Kasuari, dipimpin Kapten Inf Puji Wahyono Danramil 15/Doro Kodim 0710/ Pekalongan Korem 071/ Wijayakusuma.

Ke 95 Bintara Otsus Papua tersebut sebelum dikembalikan ke kesatuan induk, dibina dan dididik satuan-satuan jajaran Kodim jajaran Korem 071/ Wijayakusuma, Kodim 0704/ Banjarnegara 10 personel, Kodim 0710/ Pekalongan 15 personel, Kodim 0711/ Pemalang 10 personel, Kodim 0712/ Tegal 20 personel, Kodim 0713 /Brebes 20 personel, Kodim 0736 /Batang 20 personel.

Selama setahun di satuan jajaran Korem 071/ Wijayakusuma, para Bintara Otsus Papua ditempa agar menjadi prajurit teritorial profesional.

Danrem 071/ Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan, selain mengabdi sebagai aparat pertahanan, para bintara juga menjadi penghubung masyarakat dengan TNI AD dimana mereka akan ditempatkan oleh satuan induk masing-masing. "Dari kemampuan mereka selama mengikuti masa orientasi ini, sangat menentukan keberhasilan tugas pokok di TNI Angkatan Darat diwilayah tugasnya", terang Danrem.

Dikatakan Kolonel Yudha, selama melaksanakan orientasi di satuan jajaran Korem 071/ Wijayakusuma mempelajari geo, demo dan komsos serta bidang-bidang lainnya dalam ilmu Teritorial, dan langsung beraktivitas dengan masyarakat. Selain itu, bagaimana menguasai pola kepemimpinan di lapangan dan memiliki kemampuan teknis teritorial yang dekat dengan masyarakat.

Danrem berharap, setelah menyelesaikan orientasi di jajaran Korem 071/ Wijayakusuma, para bintara tetap meningkatkan kemampuan yang telah didapat selama masa orientasi untuk mendukung pelaksanaan tugas di kesatuan barunya. 

"Dengan kembalinya para Babinsa Otsus ke daerah asal, diharapkan mereka memberikan dampak positif terhadap masyarakat Papua", pungkasnya.***
Lebih baru Lebih lama