Cegah PMK, Babinsa Nogosari Laksanakan Pemantauan Hewan Ternak



Boyolali, Media Realita News - Berbagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terus dilakukan oleh Babinsa jajaran Kodim 0724/Boyolali. Babinsa Koramil 13/Nogosari Serda Joko Mursito  bersama mantri hewan aktif melaksanakan pemeriksaan kesehatan ternak sapi milik warga di Desa Potronayan Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Minggu ( 04/12/22)


Dalam kesempatan tersebut Babinsa Serda Joko mursito mengatakan, bahwa kegiatan yang Ia laksanakan tersebut sebagai langkah pengawasan dan pencegahan terhadap wabah PMK di wilayah binaanya.


Untuk mencegah terjadinya penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak milik warga, secara berkala kami melakukan pengecekan secara langsung,” ujarnya.


Dari hasil pengawasan dan pengecekan langsung yang Ia lakukan, semua hewan ternak sapi di wilayah binaanya dalam kondisi sehat dan tidak ditemukan adanya ternak dengan gejala PMK.


“Alhamdulillah, semua hewan ternak sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami tetap berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak serta kebersihan kandang, hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” ungkap Babinsa


Dirinya juga berharap kepada seluruh warga untuk tidak takut melaporkan kepada Tiga Pilar Desa atau Mantri Kesehatan Hewan, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan serta luka pada kuku. Sehingga bila ada ternak yang terkait PMK, akan segara mendapatkan penanganan. ***


(Agus Kemplu)

Lebih baru Lebih lama