Pernyataan Sikap Aksi Solidaritas Mahasiswa Jawa Tengah, Peduli Masyarakat Sumbawa Barat NTB





Cilacap, Media Realita News.com- Menyikapi persoalan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang mengelola salah satu tambang tebesar ke dua di Indonesia. 


PT Amman *Mineral yang lahir dari rahim semangat nasionalisme aset bangsa ini yang sebelumnya PT Newmont malah* terbalik dengan harapan seluruh rakyat Indonesia khususnya warga lokal Nusa tenggara barat.


Saat Newmont di nasionalisasi menjadi PT Amman Mineral Nusa Tenggara, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan di wilayah Nusa Tenggara Barat kabupaten Sumbawa, yang saat ini di duga melakukan pelanggaran HAM berdasarkan sikap tegas Amnesty Internasional Indonesia, dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) oleh PT Amman mineral nusa tenggara berbuntut panjang dimana Amnesty internasional Indonesia meminta perusahaan tersebut di tutup sementara hingga hasil penyelidikan pelanggaran HAM rampung dilakukan.


 karna penutupan sementara dapat menjadi langkah yang harus dipertimbangkan sebab muara dari penyelidikan pelanggaran HAM itu dapat berujung pada pertanggung jawaban individu kelompok bahkan koorporasi.


Bagaimana tidak PT. AMMAN membuang limbah merkuri 14 ton perhari ke laut NTB, persoalan CSR sebesar 120 milyar per tahun yang tidak jelas muaranya kemana, persoalan pembatasan buruh untuk berserikat hingga sudah banyak memakan korban pekerja yang harus kehilangan nyawa, salah satu yang menjadi sorotan kami adalah kebijakan ketenaga kerjaan mulai dari kecelakaan kerja, PHK sepihak, penghancuran serikat, jam kerja, hingga pembatasan media sosial. Dan hingga saat ini perlawanan warga lokal Sumbawa Barat terus di gelorakan.


aksi-aksi massa sampai hari ini masih terus berlanjut bahkan sejumlah mahasiswa dan masyarakat Sumbawa hingga saat ini masih melakukan aksi mogok makan  di kantor KOMNAS HAM namun belum juga ada titik terang penyelesaiannya.

Berdasarkan persoalan diatas maka kami dari Gerakan Mahasiswa Jawa Tengah melakukan aksi solidaritas untuk masyarakat NTB dan kami mendukung sepenuhnya aksi mogok makan mahasiswa dan masyarakat Nusa Tenggara Barat Kab. Sumbawa Barat yang melakukan Aksi mogok Makan di komnas HAM. 


Solidaritas rakyat Indonesia bisa merdeka dengan bersatunya masyarakat. Masyarakat Sumbawa bisa menang melawan PT Amman Mineral dan merebut kembali hak-hak hidupnya. Maka dari itu kami menyatakan sikap sebagai berikut:


Mendukung aksi mogok makan mahasiswa dan masyarakat Nusa Tenggara Kab Sumbawa di KOMNAS HAM.


Tutup PT Amman Mineral Nusa Tenggara karna telah membuat masyarakat Sumbawa Barat menderita.


Copot Jajaran direktur PT. AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA.


Meminta kepada NEGARA dan KOMNAS HAM untuk menyelesaikan dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan PT Amman Mineral Nusa Tenggara terhadap masyarakat Sumbawa Barat.***



Hidup Mahasiswa

Hidup rakyat Indonesia

 

Koordinator Aksi : Fahmi Ulul Fikri.

Lebih baru Lebih lama