Tanam Pohon Keras, Bentuk Kepedulian Korem Wijayakusuma Antisipasi Bencal di Wilayah


Banyumas, Media Realita News - Menilik perkembangan situasi saat ini khususnya perkembangan cuaca tidak menentu, yang dapat mengakibatkan ancaman bencana alam baik tanah longsor dan banjir, Korem 071/Wijayakusuma lakukan kepedulian kepada masyarakat Desa Banjarsari Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas untuk mengantisipasi bencana alam tersebut.


Sebagai wujud kepedulian itu, Korem Wijayakusuma bekerja sama dengan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI memberikan bantuan berupa pohon tanaman keras yang produktif seperti bibit tanaman buah duren dan alpukat Vietnam kepada Pemerintah Desa Banjarsari Wetan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. 


Penanaman pohon produktif tersebut dilakukan serentak oleh Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., didampingi Kepala Cabang Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Tengah Wilayah VI, Ibu Endang Puji Priyatningsih, S.E, Dekan Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto, Dandim 0701/Banyumas, Dandim 0711/Pemalang, para Kasirem 071/Wijayakusuma, beserta Forkopicam Sumbang dan Kades Banjarsari serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro.


Terkait dengan dilakukannya penanaman pohon keras produktif ini, orang nomor satu Wijayakusuma Kolonel Yudha Airlangga mengatakan, kegiatan penanaman pohon keras ini sebagai bentuk kepedulian Korem Wijayakusuma dan Dinas Kehutanan, untuk membantu mengantisipasi bencana alam diwilayah khususnya di Desa Banjarsari Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas ini. 


"Penanaman pohon keras produktif ini, selain untuk menjaga ekosistem, juga bisa sebagai ladang meningkatkan kesejahteraan warganya, hal ini karena bibit pohon keras ini sangat produktif seperti buah durian dan alpukat Vietnam.


Danrem juga menghimbau, dengan ditanamnya pohon keras produktif ini, masyarakat Desa Banjarsari agar dapatnya merawat dan memeliharanya serta dijaga dengan baik. 


Sementara itu, dalam jumpa persnya, Kolonel yang mantan Dansat-81/Gultor Group-1 Kopassus ini mengatakan tanam pohon ini  bantuan dari Cabang Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Tengah Wilayah VI, sebanyak 6000 bibit pohon keras produktif yakni pohon durian dan alpukat Vietnam atau Miki, pohon Albasia dan pohon keras lainnya. Dengan tujuan untuk menanam disekitar lahan-lahan di sekitar Desa Banjarsari ini yang merupakan daerah lereng gunung Slamet untuk mencegah terjadinya bencana alam tanah longsor maupun banjir, juga menghasilkan buah untuk dikonsumsi oleh masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, juga untuk daerah-daerah lainnya diseluruh wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma", terangnya.


Danrem juga menyampaikan apresiasinya atas partisipasi Dinas Kehutanan yang sudah berpartisipasi menanam puluhan ribu bibit tanaman pohon mangrove di Cilacap.

Lebih baru Lebih lama