HMR Kumandangkan Takbir, Warga Batam Menyahut, Pawai Idhuladha Meriah Bermakna


Batam- mediarealitanews  | Ribuan warga tumpah ruah ikut bertakbir bersama Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), pada Pawai Takbir Iduladha 1444 Hijriah, tingkat Kota Batam, Rabu (28/6/2023) malam. 


Kemeriahan pun terasa penuh warna oleh tampilnya beragam kendaraan hias di event yang dipusatkan di Dataran Engkuhamidah, Batamcentre, tersebut.


Pawai kendaraan hias itu diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, hingga sejumlah organisasi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.


Secara resmi, kendaraan hias itu dilepas langsung oleh Wali Kota Batam HMR, yang terlebih dahulu memimpin takbiran menyambut Hari Raya Iduladha tingkat Kota Batam tersebut.


HMR, yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, terlihat khusyuk mengumandangkan takbir, tasbih, tahmid. Kumandang takbiran itu diiringi pejabat hingga masyarakat Batam yang hadir di malam itu.


Usai bertakbir, secara beriringan, mobil hias mulai bergerak menelusuri rute yang ditetapkan. Sejumlah bentuk seperti kakbah hingga kemegahan masjid sukses membuat pengunjung terpukau.


"Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, mewakili Pemko Batam dan BP Batam, menyampaikan mohon maaf lahir dan batin," ucapnya.


Di kesempatan itu, HMR mengajak masyarakat Batam memaknai Iduladha dengan terus berkurban. Ia menyampaikan, nilai berkurban sangatlah penting untuk membuktikan rasa kepedulian ke sesama dan juga rasa takwa kepada Allah.


"Kurban menjadi bukti cinta kita pada sesama, jadikanlah perayaan Iduladha sebagai momentum pembersihan diri," ujarnya.


Ia menegaskan, berkurban di Hari Raya Iduladha merupakan gambaran keikhlasan umatNya serta ketaatan serta pengorbanan yang sempurna.


"Semoga keikhlasan dan pengorbanan di momen Iduladha 1444 H bernilai ibadah," ujarnya.


Selain itu, ia juga meminta masyarakat mendukung pemerintah dalam membangun daerah. Ia menegaskan, pembangunan di Batam semata-mata demi kesejahteraan masyarakat.


"Dengan perubahan yang ada di Batam, semoga semua bahagia hidup di Kota Batam," ujar suami Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina. 


𝗦𝗮𝗹𝗮𝘁 𝗜𝗱𝘂𝗹𝗮𝗱𝗵𝗮 𝗗𝗶𝗹𝗮𝗸𝘀𝗮𝗻𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗶 𝟲𝟯𝟱 𝗧𝗶𝘁𝗶𝗸

Sementara itu, Ketua Panitia Pawai Takbir Kota Batam, Salim, melaporkan, lomba mobil hias ini memperebutkan total hadiah Rp36 juta dengan rincian juara I akan mendapat Rp12 juta, juara II Rp10 juta, juara III Rp8 juta, dan juara IV sebesar Rp6 juta.


"Mobil hias ini melalui rute dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi dengan total 65 peserta," ujar Salim yang juga sebagai Kepal Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam tersebut.


Selain itu, ia juga melaporkan pelaksanaan salat Iduladha akan dilaksanakan di 635 titik, dan tingkat Kota Batam dipusatkan di Dataran Engkuputri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturrahman Sekupang.


"Untuk hewan kurban, total ada 3.642 ekor dengan rincian 1.187 sapi dan 2.455 kambing," tutup Salim. (Nursalim Turatea)

______

SEMARAK PAWAI TAKBIR: Wali Kota Batam/Kepala BP Batam H Muhammad Rudi (HMR), didampingi Sekda Jefridin, dan Forkopimda Kota Batam, melambai pada warga, usai melepas Pawai Takbir Iduladha 1444 Hijriah, tingkat Kota Batam, di Dataran Engku Hamidah, Batamcentre, Rabu (28/6/2023) malam.

Lebih baru Lebih lama