Ops Zebra Candi 2023 Dimulai Hari ini, Polres Semarang Maksimalkan ELTE



Semarang, Media Realita News. Com -- Kepolisian Negara Republik Indonesia mulai hari ini Senin, 4 September 2023 akan melaksanakan operasi Kamseltibcar Lantas serentak selama 14 hari kedepan. 


Bertempat di lapangan Upacara senin 4 September 2023 Pagi, Polres Semarang menggelar Apel Gelar pasukan Ops Zebra Candi 2023. Bertindak sebagai pimpinan apel Wakapolres Semarang Kompol Sigit Ari Wibowo SH. MH., dengan dihadiri tamu udangan jajaran Forkopimda Kab. Semarang. 


Dalam amanatnya Kompol Sigit menyampaikan sambutan Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi SH. SSt. MK., dalam gelaran Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Candi 2023 Polres Semarang. 


Pihaknya menyampaikan angka kecelakaan dalam kurun waktu 2022 mengalami peningkatan 22 % dibanding tahun 2021, namun korban jiwa meninggal mengalami penurunan 13 % ditahun 2022 dibanding tahun 2021. Dengan jumlah tilang pada 2022 sebanyak 177.837 lembar dan  56.571 lembar teguran. 


"Adapun penekanan dalam Ops Zebra Candi 2023 ini antara lain, Personil Polri dituntut malaksanakan tugas secara Profesional, Bermoral dan Humanis. Guna menghindari Polarisasi di masyarakat menjelang tahun Politik. Optimalkan penyuluhan atau sambang dalam membangun kesadaran masyarakat berlalu lintas, maksimalkan Gakkum berupa Tilang menggunakan ETLE (Statis, Hand Held dan Drone)." Jelasnya. 


Sesaat setelah pelaksanaan apel, Wakapolres memimpin kegiatan pembagian helm gratis di depan Mapolres kepada anak anak yang diboncengkan tanpa menggunakan helm. Hal ini menurut Kasat Lantas AKP Dwi Himawan C. SIK, MM., sebagai langkah humanis membangun kesadaran berlalu lintas. 


"Selesai kegiatan seperti yang sudah disaksikan tadi, kami membagikan helm gratis kepada anak anak yang tidak menggunakan helm saat diboncengkan orang tuanya, Hal ini sebagai langkah membangun kesadaran berlalu lintas. Ungkapnya. 


AKP Himawan kembali menegaskan dalam persiapan Ops Zebra Candi 2023 ini, kegiatan lain untuk menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas juga sudah laksanakan pihaknya dengan dibantu fungsi Samapta, reskrim maupun intel. 


"Kami sudah melakukan persiapan gelaran Ops Zebra Candi 2023 kali ini, dengan kekuatan 50 Personil gabungan Fungsi lain pada minggu dini hari 3 September 2023 kemarin, kami mengamankan 87 kendaraan yang diduga digunakan para remaja melakukan Balapan liar di Jl. Diponegoro, Kel. Genuk Kec. Ungaran Barat." 

Kasat Lantas menghimbau kepada warga Kab. Semarang untuk mempersiapkan kelengkapan adminitrasi dalam berkendara, selain itu pihaknya menyampaikan pula bahwa tidak ada toleransi bagi pelaku Balapan liar yang sudah meresahkan masyatrakat Kab. Semsrang. Semua dilakukan Polri selain menciptakan Kamseltibcar Lantas, juga sebagai penekanan kejadian Laka Lantas terutama yang menimbulkan korban jiwa. ***


Guse

Lebih baru Lebih lama