Inspiratif, Kisah Bhabinkamtibmas Polres Jepara Nyambi Budidaya Kambing Etawa Yang Untungnya Sangat Menjanjikan


Inspiratif, Kisah Bhabinkamtibmas Polres Jepara Nyambi Budidaya Kambing Etawa yang Untungnya Sangat Menjanjikan

𝐏𝐨𝐥𝐫𝐞𝐬 𝐉𝐞𝐩𝐚𝐫𝐚𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬.𝐜𝐨𝐦 – Polda Jateng – Aktif sebagai anggota Polri, tak menghalangi Briptu Revangga Kristyan Dikara, yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Bangsri, untuk sukses menjadi pengusaha ternak kambing etawa di desanya.


Briptu Revangga Kristyan Dikara yang tinggal di RT 1 RW 1 Desa Kancilan, Kecamatan Kembang, Jepara, Jawa Tengah, sudah sejak dari bangku sekolah, menekuni usaha ternak kambing etawa.


Dari berawal hanya sekedar hobi, dan dengan hanya memelihara beberapa ekor kambing kini usahanya telah berkembang hingga berhasil memiliki puluhan ekor kambing.


Usaha ternak kambing perah itu dinamai Antasena Farm, sebuah nama yang diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan Jawa, sebagai bentuk motivasi dan semangat dalam membangun usahanya.


Mengetahui hal ini, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan bersama pejabat utama meninjau langsung usaha mandiri Peternakan Kambing Etawa milik Bhabinkamtibmas Polsek Bangsri tersebut, Sabtu (28/10/2023).


Saat ditemui disela-sela kegiatan, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, "Kunjungan ini merupakan bentuk dukungan dan apresiasi kami pada anggota yang memiliki usaha mandiri, semoga personel Polri akan meningkat kesejahteraannya," ujarnya. 


“Kendati demikian, jika nantinya anggota Polri terlatih memiliki usaha mandiri, tidak lantas mempengaruhi dan menghambat tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Justru, lewat pengembangan kemandirian SDM unggul ini harapannya pelayanan ke masyarakat akan lebih maksimal," kata Kapolres.


Lanjut, mantan Kapolres Sukoharjo ini menambahkan, “Dengan mendorong dan mengapresiasi anggota Polri memiliki usaha mandiri ini juga harapannya dapat mengantisipasi celah korupsi, pungli, ataupun penyalahgunaan wewenang dari anggota. Kita harapkan usaha mandiri ini dapat mewujudkan kesejahteraan masing-masing anggota Polri,” terangnya.


Sementara itu, Briptu Revangga Kristyan Dikara menyebut, saat ini dirinya telah memiliki setidaknya 15 ekor kambing indukan, 1 ekor kambing pejantan dan 12 ekor anakan kambing atau cempe.


Ia mengaku sejak kecil memang telah menyukai hewan sehingga dirinya termotivasi untuk menjalani usaha ternak kambing etawa.


“Kebetulan senang dengan hewan lalu coba-coba ternak hewan kambing etawa dan alhamdulillah didukung keluarga untuk punya usaha mandiri, di samping tugas kami sebagai Bhabinkamtibmas. Tapi tidak mengganggu dinas, karena aktifitas yang kami lakukan di sini diluar jam dinas,” katanya.


Dalam menjalan usahanya, Briptu Revangga dibantu oleh istri, ayah dan adiknya, yang setiap hari berada di lokasi kandang kambing miliknya.


Salah satu keinginan Briptu Revangga menjalankan usaha ternak kambing etawa, selain dekat dengan masyarakat, desanya memiliki potensi pakan ternak yang melimpah.


“Potensi di daerah sini kalau pakan itu melimpah, saya setiap pagi sebelum berangkat dinas maupun sore setelah pulang dari dinas selalu mencari makan hewan ternak sembari bertemu dan bergaul serta sharing ilmu peternakan dengan warga,” jelasnya.


Bhabinkamtibmas Polsek Bangsri itu mengungkapkan, dengan usaha ternak kambing etawa, banyak keuntungan yang didapat, yakni nilai jual yang tinggi, kambing jantan bisa ikut kontes, hasil perah susu bisa di jual, anakan kambing/cempe etawa bisa dijual, pejantannya bisa menerima permintaan kawin dan kotorannya pun ada yang mau menampung.


"Selain itu, hasil dari ternak kambing etawa ini juga dapat saya gunakan untuk membeli lahan dan bangun untuk kandang yang lebih besar, bisa bangun rumah dan bisa beli mobil," ungkapnya.


Ia pun berharap usahanya yang dijalani bisa menjadi inspirasi bagi warga sekitar, dan merubah mindset masyarakat sekitar bahwa memelihara kambing tidak menguntungkan, padahal sangat menguntungkan.


“Alhamdulillah di tempat kami selama ini bisa berkembang dan semoga bisa membuka lapangan pekerjaan. Harapan ke depan semoga ini bisa makin bertambah sehingga mendukung ekonomi keluarga maupun warga masyarakat,” pungkasnya.


Secara terpisah, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Sri Puji Utami mengatakan, Briptu Revangga adalah satu anggota Polres Jepara yang memiliki kegiatan positif di luar dinas.


“Hasilnya cukup bagus, baik bagi dirinya sendiri untuk meningkatkan perekonomian keluarga, juga bagi masyarakat, karena dia senang bertemu dan bergaul serta membagikan ilmu peternakannya dengan warga,” kata Ipda Puji.


“Dan tentu kegiatan positif ini kami dukung penuh, karena Briptu Revangga menjalani usahanya peternakannya dengan baik, tanpa meninggalkan tugas pokoknya sebagai anggota polri,” imbuh Lulusan SIP angkatan 51. ***


(Khnza Haryati);

Lebih baru Lebih lama