Jelang Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Diterapkan Ganjil Genap Mulai 22 Desember Menuju Jalur Puncak Bogor


Bogor, mediarealitanews.com -  Diprediksi peningkatan volume kendaraan pada libur Hari Raya Natal di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor terjadi pada Sabtu, 23 Desember 2023. Beberapa rekayasa lalu lintas  disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan di kawasan wisata itu.


"Untuk peningkatan arus prediksi yang nantinya yang pertama ada tanggal 23 pas hari Sabtu, kemudian yang kedua ada peningkatan terjadi di prediksi hari Senin (arus balik)," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, diBogor, kamis (21/12/2023).


Ardian mengungkapkan, skema rekayasanya yakni dengan sistem ganjil genap menuju Puncak dimulai pada Jumat 22 Desember 2023. Hal itu juga telah sesuai Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 terkait ganjil genap menuju kawasan wisata Puncak diberlakukan satu hari menjelang hari libur nasional atau akhir pekan.


"Kemudian contra flow dari Exit Tol Ciawi sampai dengan KM 46.500 yang akan menuju Ciawi," jelasnya.


Terakhir, kata dia, yakni dengan sistem satu arah atau one way. Sistem ini dilakukan secara situasional dengan melihat kondisi arus lalu lintas di lapangan.


"Sistem buka tutup atau one way baik ke arah Puncak atau dari Jakarta menuju Puncak maupun dari Cianjur menuju ke Jakarta atau ke bawah itu dilaksanakan mulai dari 23 Desember sampai 26 Desember kemudian itu semuanya dilakukan dan dianalisis secara situasional," terang Ardian.


Selain itu, tambah Ardian, pada libur Natal ini terdapat kamera penghitung jumlah kendaraan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek dan Dishub Provisi Jawa Barat. Kamera ini akan menghitung jumlah kendaraan secara real time di kawasan Puncak yang akan menjadi bahan pertimbangan polisi menerapkan rekayasa lalu lintas.


"Untuk data gate tol kita gunakan sebagai data awal kemudian dibandingkan dengan traffic counting yang ada dari BPTJ maupun Dinas Provinsi arus mana yang lebih dominan sehingga bisa dipertimbangkan upaya apa yang akan dilaksanakan," pungkasnya.


Dany AW***

Lebih baru Lebih lama