Agustus akan Jadi Puncak Musim Kemarau di Banyumas


Purwokerto - Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi memprakirakan puncak musim kemarau di Kabupaten Banyumas dan kabupaten lain di sekitarnya seperti Purbalingga dan Banjarnegara akan terjadi pada bulan Agustus 2019.

"Banyumas termasuk dalam kabupaten yang mulai memasuki awal musim kemarau pada bulan Juni, sehingga masyarakat di wilayah setempat diimbau untuk bijak menggunakan air guna mencegah kekeringan," katanya, dikutip kantor berita Antara Senin 9 Juni 2019.

Sementara itu,
Kepala Pelaksana
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas,
Ariono Poerwanto menginformasikan bahwa hingga saat ini sudah enam desa di wilayah setempat mulai mengalami krisis air bersih menyusul penurunan curah hujan di wilayah setempat yaitu Desa Banjarparakan Kecamatan Rawalo, Desa Nusadadi Kecamatan Sumpiuh, Desa Karanganyar Kecamatan Patikraja, Desa Kediri Kecamatan Karanglewas, Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor dan Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang.

"Permintaan pendistribusian air bersih dari warga Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor dan Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang masuk ke kami pada H-1 Lebaran 2019," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah menyalurkan air bersih ke desa-desa yang terdampak kekeringan guna membantu warga yang membutuhkan.

Sumber
Lebih baru Lebih lama