Satelit Lapan Ucapkan Selamat Hari Jadi Banjarnegara ke-450

BANJARNEGARA - Dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Banjarnegara Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) Lokal Kabupaten Banjarnegara berkoordinasi dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) untuk melakukan broadcast ucapan selamat hari jadi kabupaten Banjarnegara ke-450 melalui digipeater APRS (Automatic Packet Reporting System) satelit IO-86 / satelit Lapan A2-ORARI.



Hal itu dikatakan anggota ORARI Lokal Banjarnegara Havid Aditama, Kamis (25/2/2021). Havid menjelaskan, pesan APRS  “450th Banjarnegara Regency Commemoration de YH2AE” ini  bisa diterima oleh seluruh amatir radio di dunia yang tercover orbit equatorial satelit IO-86. 

“Pesan ini bisa diterima pada frekuensi downlink 145.825mhz dengan decoder AFSK 1200bps,” jelas warga Kecamatan Wanayasa ini.

Dalam misi ini Satelit IO-86 terjadwal 8 kali orbit untuk terus melakukan broadcast pesan antara tanggal 25 hingga 26 Februari 2021. 

“Selain itu, amatir radio di wilayah Indonesia  juga turut berpartisipasi memeriahkan misi ini dengan mengirimkan pesan yang sama melalui digipeater IO-86, antara lain stasiun YD2CLX di Jawa Tengah, YD0NXX di Jakarta, dan amatir radio di call area 1, 2, 3, 4, 5, 6,  8, 9” pungkasnya. ***

**



BACA JUGA:
Konsep Madrasah Digital untuk Optimalkan Pembelajaran Daring



Lebih baru Lebih lama