SMP LB Baramas Berproses Menjadi SLB Baramas

BANJARNEGARA - Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP LB) Baramas di Kabupatren Banjarnegara mengalami proses transformasi menjadi Sekolah Luar Biasa (SLB) Baramas. Drs Khoerun, Kepala Sekolah mengatakan bahwa saat ini kebutuhan jumlah SLB yang mengakomodasi anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas sangat tinggi. 




"Di Kabupaten Banjarnegara sampai hari ini baru ada dua SLB yaitu SLB Negeri Banjarnegara dan SLB Negeri Mandiraja. Untuk itu mulai Tahun Ajaran 2021 /2022 SMP LB Baramas yang kini beralamat di Purworejo Klampok bekerja keras menjadi SLB Baramas, bukan hanya melayani peserta didik SMP, juga SD dan SMA. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Banjarnegara telah memfasilitasi area lebih luas dan strategis untuk SLB Baramas. Area dan bekas gedung SD Negeri 1 Rakit diizinkan Pemkab untuk dipakai SLB Baramas.

Sebagai langkah awal, baru-baru ini pimpinan, guru dan karyawan SMP LB Baramas melakukan kerja bakti merapikan lingkungan SD Negeri 1 Rakit yang bangunannya rusak 80%.

"Kami mengaktifkan Kepala Sekolah dan seluruh guru dan karyawan bekerjasama merapikan. Pasti butuh dana besar untuk menjadi bangunan sekolah yang layak. Tetapi kami yakin pemerintah dan masyarakat membantu terwujud karena pelayanan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus itu penting,” jelas Gunawan Sri Wibowo, S.Sos, Ketua Umum Yayasan Baramas yang menaungi SMP LB Baramas.

Sampai hari ini SMP LB Baramas melayani sekitar 40 peserta didik berkebutuhan khusus, di antaranya tuna rungu, tuna wicara, tuna grahita, tuna daksa, tuna laras, dan autis dengan jumlah total tenaga guru dan kependidikan 10 orang. 

Untuk tahun pelajaran 2021/ 2022 masyarakat yang putra / putrinya berkebutuhan khusus usia sekolah masuk SD, SMP, atau SMA dapat mendaftar menjadi calon peserta didik di SLB Baramas. Pendaftaran dilayani setiap hari di sekolah atau melalui telp/SMS/WA ke nara hubung PPDB di nomor 081-328-141-902 (Ibu Dian Firmani, S.Pd).

“Upaya menuju SLB Baramas dari SMP LB Baramas akan menjadi perjuangan luar biasa bagi pihak Yayasan, guru dan pimpinan dengan dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah. 

Semoga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan kemudahan dan bagi masyarakat yang ingin berkontribusi merenovasi gedung SD N 1 Rakit yang rusak untuk dijadikan tempat SLB Baramas bisa menyerahkan bantuan/ donasi baik berupa tenaga, material, uang, dan yang lainnya melalui Bp. Untung Santosa, A.Ma.Pd. OR pada nomor 085-291-029-393 (Telp /SMS /WA),” pungkas Kepala Sekolah.***

 Nur. syr





Lebih baru Lebih lama