Babinsa bantu sosialisasi vaksin Covid-19 ke pedagang pasar


PURBALINGGA – Program vaksinasi Covid-19 memberikan prioritas utama kepada tenaga kesehatan dan tenaga pelayanan publik, selain itu warga masyarakat di daerah dengan risiko penularan tinggi dan masyarakat pelaku ekonomi juga menjadi prioritas sasaran vaksinasi.


Di Kabupaten Purbalingga, petugas vaksin dari Dinas Kesehatan dan dari Puskesmas menyasar beberapa pasar, salah satunya Pasar Hartono di Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga dengan target pedagang pasar, petugas pasar maupun petugas keamanan pasar (29/4/2021).


dr. Hana Utami salah satu petugas dari Puskesmas Purbalingga, mengatakan tahap vaksinasi kali ini sasarannya adalah masyarakat dengan risiko penularan tinggi seperti para pelaku ekonomi maupun pedagang pasar yang memang berisiko tinggi karena kerap berhubungan dengan banyak orang dari berbagai penjuru tempat.


"Pelaku ekonomi dan pedagang pasar termasuk petugas dan keamanan pasar menjadi prioritas vaksinasi di tahap ini," ungkapnya.


Disinggung kendala di lapangan yang dihadapi dr. Hana menuturkan, masyarakat masih banyak yang takut dan ragu namun pihaknya dalam kesempatan seperti ini selalu menggandeng Babinsa untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.


"Kendalanya masyarakat masih banyak ragu dan takut, solusinya kami ajak Babinsa untuk secara persuasif mengajak masyarakat sehingga bersedia divaksin," tuturnya.


Di tempat yang sama Sertu Japrinurdin selaku Babinsa Koramil 01/ Purbalingga menuturkan jika hubungan Babinsa dan masyarakat khususnya pedagang di Pasar Hartono terjaga baik, maka tidak ada kendala untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 ini aman.


"Komunikasi yang terjalin di antara kami Babinsa dengan masyarakat terjaga baik maka lebih mudah untuk menyampaikan pesan pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat," tuturnya. ***

suryn

Lebih baru Lebih lama