Runway aeromodelling di Banjaranyar Sokaraja diresmikan

SOKARAJA - Ada kabar gembira bagi para pencinta olah raga dirgantara khususnya aeromodelling di sekitar Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. Soedirman Aeromodelling Club yang merupakan perkumpulan pencinta olah raga dirgantara aeromodelling di bawah binaan Potdirga TNI AU Lanud Jenderal Besar Sudriman (yang anggotanya dari Kabupaten Banyumas dan sekitarnya), baru-baru ini menggandeng Pemerintah Desa Banjaranyar Kecamatan Sokaraja Banyumas mendirikan Runway (lapangan terbang olah raga dirgantara Aeromodelling) di desa tersebut.

AB Setiawan selaku Humas Soedirman Aeromodelling Club mengatakan bahwa Runway yang menempati areal tanah desa seluas kurang lebih 3500 meter persegi dengan perincian panjang 116 meter dan lebar 30 meter tersebut lokasinya di depan rumah makan Pelangi Pedesaan Banjaranyar Sokaraja. 
Setelah uji coba hampir satu bulan, dengan biaya swadaya para anggota club SAC pada hari Minggu 16 Mei 2021 telah dilakukan peresmian yang dihadiri antara lain oleh Wihandaya selaku Ketua FASI Aeromodeling Jawa Tengah yang juga ketua SAC, Kapten Edi Soeprapto selaku Kabinpotdirga TNI AU Lanud J.B. Sudirmani, Karseno selaku Kepala Desa Banjaranyar didampingi perangkatnya, Babinsa Polsek Sokaraja serta beberapa perwakilan club Aeromodelling di sekitar Kabupaten Banyumas.

Peresmian yang kegiatannya dilaksanakan dengan tidak meninggalkan protokol kesehatan tersebut diawali dengan menampilkan atraksi terbang beberapa model pesawat RC (Remote Control), Paramotor RC serta Helicopter RC. Terlihat warga sekitar antusias menikmati berbagai atraksi tersebut.

Puncak acara pemotongan tumpeng diawali dengan pembacaan doa dari ulama setempat yang dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh kepala desa.
Dalam sambutannya, Karseno selaku Kepala Desa Banjaranyar berharap Runway tersebut dapat memajukan Desa Banjaranyar di bidang prestasi olah raga dirgantara, perekonomian warga, serta pariwisata desa yang dapat lebih berkembang.

Karseno menambahkan pihaknya akan berperan aktif dalam hal safety /keselamatan dan keamanan kegiatan di runway tersebut.

Sementara itu dari pihak TNI AU selaku pembina olah raga dirgantara yang dihadiri Kabinpotdirga Kapten Edi Soeprapto menambahkan agar Runway tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya tentu dengan mengikuti aturan-aturan dari Potdirga TNI AU dan selalu berkoordinasi dengan pihak desa Banjaranyar.

Wihandaya selaku Ketua Sudirman Aeromodeling Club yang juga Ketua FASI Aeromodelling Jawa Tengah menambahkan bagi warga yang ingin menyalurkan olah raga dirgantara khususnya aeromodelling dapat mempergunakan Runway ini setiap hari, namun untuk kegiatan rutin bersama team SAC biasanya dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu. Dia juga menambahkan agar segala kegiatan di runway dilakukan sesuai prosdur yang ditetapkan Potdirga TNI AU dan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat karena pandemi belum berlalu, dan berharap semoga pandemi segera berakhir. ***
Lebih baru Lebih lama