Racana IAIN Purwokerto bekali anggota Pramuka dengan berbagai soft skill


PURWOKERTO - Racana Sunan Kalijaga - Cut Nyak Dien IAIN Purwokerto menggelar Penerimaan Anggota Unit dan membekali anggota Pramuka dengan berbagai soft skill. Pelatihan unit satuan yang mengambil tema ‘Ksatria Tanggap yang Mampu Mengembangkan Potensi diri’ itu dipusatkan di Gedung Student Center kampus tersebut, (29/4 hingga 1/5).
 
Pelatihan ini sebagai bentuk pengembangan potensi anggota Racana dalam beberapa bidang keahlian di antaranya Unit Baskara (Keprotokoleran), Unit Seni Budaya, Unit Management Outdoor, Unit Pers dan Komunikasi, dan Unit Kewirausahaan.
 
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Purwokerto Sulkhan Chakim menyampaikan unit Racana menjadi tempat berproses mendalami keahlian sesuai dengan bakat dan minat, dan penggalian potensi untuk berkarya meneruskan kaderisasi anggota.
 
“Pramuka harus memiliki jiwa muda yang suka berkarya. Memiliki jati diri yang harus terus diasah bakat minatnya sebagai ruang pengembangan potensi kader Pramuka,” jelas Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Harian Gerakan Pramuka itu di kampus setempat, Senin (3/5).
 
Ketua Reka Kerja Claire Ifhanatasha Febian mengatakan Penerimaan Anggota Unit diikuti 44 peserta dari warga Racana. Mereka mengikuti proses pendaftaran melalui sistem seleksi dan jalur keminatan. Pemilihan unit diikuti sesuai minat dan kemampuan peserta. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan. Pengurus unit akan menindaklanjuti dengan program pengembangan kemampuan secara berkala.
 
“Pelatihan ini menjadi permulaan pengelompokan anggota unit Racana. Ke depan kelompok unit akan fokus pada bidangnya untuk terus berlatih mengasah potensi dan keminatan anggota,” pungkasnya. ***
Lebih baru Lebih lama