Sejumlah rumah sakit di Kabupaten Tegal mulai dipenuhi pasien positif Corona

TEGAL  -  Sejumlah rumah sakit di Kabupaten Tegal dipenuhi pasien Covid-19. Salah satunya di Rumah Sakit Mitra Siaga (RSMS) Mejasem, Kramat, Kabupaten Tegal.

Peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini terjadi sejak Ramadan hingga Lebaran kemarin. Juru Bicara Covid-19 RS Mitra Siaga dr Rochmatullah mengatakan jumlah pasien Covid-19 di RSMS hampir melebihi kapasitas.

Dari 18 tempat tidur perawatan di bangsal isolasi sampai, Kamis (20/5) lalu, telah terisi 17 pasien. Sedangkan di Ruang Dahlia ICU Covid-19 sudah terisi tiga pasien dari enam tempat tidur pasien yang tersedia.

"Setelah Idul Fitri, dua hari ini pasien di bangsal isolasi biasa hanya tersisa 1 tempat tidur, di ICU tersisa tiga tempat tidur," kata dr Rochmatullah, Kamis (20/5).

Dia menjelaskan pasien yang sedang dirawat itu memiliki gejala batuk dan sesak nafas. Pasien diketahui positif Covid-19 dari hasil tes tracking yang dilakukan sejumlah Puskesmas. Mereka rata-rata merupakan warga lokal.

"Belum ada kepastian apakah mereka terpapar karena kontak langsung dengan pemudik atau tidak. Yang jelas, mereka mayoritas warga lokal," kata Rohmatullah.

Saat ini seluruh pasien masih ditangani intensif oleh tim medis Covid-19 RS Mitra Siaga. Mereka mendapatkan penanganan sesuai standar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

"Mereka tetap mendapat obat-obatan, dan biayanya dijamin oleh Kemenkes," ucapnya.

Terpisah, Bupati Tegal Umi Azizah menyebut, sejak bulan April hingga pertengahan Mei 2021 kenaikan kasus Covid-19 sangat memprihatinkan. Padahal, bulan sebelumnya angkanya berada dibawah 10 kasus.

"Ini sejak bulan April terus naik. Berarti saat ini Kabupaten Tegal belum aman dari Covid-19," kata Umi.

Menurut Umi, meningkatnya kasus Covid-19 karena banyaknya warga yang mudik ke kampung halaman sebelum pemerintah memberlakukan larangan mudik. Selain itu, mobilitas warga juga mengalami peningkatan tinggi.***
Lebih baru Lebih lama