Haru Biru di Taman Pelangi

SELAYAR - Rasa gembira, haru, dan sedih, berbaur menjadi satu, kala menyaksikan warga di kawasan taman pelangi di ruas jalan Soekarno Hatta, Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (02/06).

Salah satu area ruang publik yang dibangun pemerintah dengan gelontoran anggaran senilai milyaran rupiah, usai terbakarnya kompleks pasar sentral lama, kota Benteng beberapa waktu lalu.

Biarpun hanya datang untuk sekedar membawa anaknya bermain mobil-mobilan, namun paling tidak, fasilitas ruang publik ini, mulai menampakkan eksistensinya sebagai ruang terbuka, dan titik kumpul, plus untuk meminimalisir potensi tindak pidana jalanan.

Hal ini sekaligus menjadi pertanda mulai berangsur-angsur pulihnya kondisi ekonomi dan perputaran uang di masyarakat. 

Rasa haru dan sedih terbetik dari dalam sanubari melihat warga berjubel memadati kawasan taman pelangi. 

Leher menggeleng melihat puluhan kepala manusia berkumpul untuk sekedar melepas kepenatan, tersenyum, dan tertawa lepas menanggalkan rasa lelah dan stress, menyaksikan ceria anak-anak bermain bola dan mobil-mobilan. 

Sebuah pemandangan yang menyimbolkan rasa haus masyarakat Selayar pada hiburan. 

Air mata perlahan menetes tak terasa menyaksikan senyum kecil para pedagang kaki lima yang sibuk meladeni pembeli.

Lapak dagangan yang sebelumnya sepi, mulai ramai. Meski keuntungan yang mereka raup tidak banyak, karena harus berbagi dengan sesama pedagang di sekitarnya, namun paling tidak, rezeki yang mereka peroleh cukuplah untuk menutupi biaya kebutuhan makan keluarga sehari dan membuat dapur mengepul. ***
Andi Fadly Dg. Biritta
Lebih baru Lebih lama