Menjelang pensiun, Serma Sudirman budidayakan tanaman hidroponik

Batang, Media Realita News - Dengan bangunan sederhana menggunakan bambu untuk tanaman hidroponik di kebun miliknya, Serma Sudirman yang beralamat di Desa Rowobelang Kecamatan Batang Kabupaten Batang banyak mendapat perhatian dari masyarakat.

Banyak rombongan pelajar, mahasiswa, dan umum datang ke kebun Serma Sudirman untuk melihat dan belajar mengelola perkebunan sayuran media hidroponik.

Serma Sudirman adalah anggota TNI-AD Kodim 0736/ Batang yang akan purna tugas. Ia sudah siap menghadapi pensiun dengan budidaya tanaman hidroponik.    

Serma Sudirman mengatakan, budidaya tanaman hidroponik tidak harus menggunakan bangunan mahal, dan tidak harus luas, bisa menggunakan bahan-bahan sederhana misalnya bambu atau kayu.

"Lahan bisa pekarangan sekitar rumah, tidak harus luas," katanya (15/1/2022).

Budidaya tanaman hidroponik ini bisa menjadi terobosan dan menciptakan ide baru bagi anggota lain terutama yang akan pensiun. Metode hidroponik ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menanam sayuran di samping rumah yang luasnya terbatas.

Serma Sudirman  mengucapkan terima kasih kepada Komandan Kodim 0736 /Batang dan Dinas Pertanian Kabupaten Batang yang telah memberikan tugas pendampingan Program Ketahanan Pangan melalui Program Upsus Pajale (Padi, jagung dan Kedelai) pada tahun 2015 sampai dengan 2018.  

"Melalui perintah tugas itulah saya mendapatkan ilmu pertanian yaitu pemberdayaan greenhouse media hidroponik. Hasil panen dari perkebunan ini bisa memberi tambahan penghasilan ke keluarga dan mendukung ketahanan pangan untuk masyarakat Kabupaten Batang," jelasnya.***
Lebih baru Lebih lama