Nusantara, nama ibukota yang baru

Jakarta, Media Realita News - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan bahwa ibukota baru di Kalimantan Timur akan diberi nama Nusantara.

Ada 80 calon nama yang diajukan ke Presiden Jokowi tapi akhirnya yang terpilih adalah Nusantara. Nama-nama yang sebelumnya diusulkan antara lain: Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Pertiwipura dan Cakrawalapura.

Keterangan dari Tim Komunikasi Publik Kementerian PPN/Bappenas menyebutkan bahwa menurut Menteri PPN Suharso (17/1/2022) pemerintah telah meminta pertimbangan dari ahli bahasa dan ahli sejarah untuk memilih nama yang paling tepat untuk ibu kota baru tersebut.

Nama Nusantara akhirnya dipilih karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di dunia internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia.
Regulasi ibu kota baru ditargetkan selesai pada bulan ini.

Pemerintah juga mulai memetakan sejumlah kementerian dan lembaga yang akan pertama kali berkantor di wilayah yang masuk dalam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu.

Pembangunan Ibukota Negara Baru (IKN) bukan hanya sekadar memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan, tapi tujuan utamanya adalah membangun kota baru yang smart. Kota baru yang kompetitif di tingkat global. Membangun sebuah lokomotif baru untuk transformasi Indonesia menjadi sebuah Indonesia yang berbasis inovasi, teknologi, green economy.  ***
Lebih baru Lebih lama