Untuk antisipasi kemacetan, Polres Kendal siapkan 3 skenario

Kendal, Media Realita News -  Untuk mengantisipasi kemacetan saat puncak tradisi Syawalan di 
jalur Pantura Kaliwungu Kendal maka Polres Kendal menyiapkan 3 skenario lalu lintas, yakni buka tutup, one way atau tutup total.

Ketiga pilihan tersebut bisa diterapkan sesuai dengan kondisi keramaian pada malam puncak tradisi syawalan sepekan usai perayaan Idul Fitri 1443 H.

Kabag Ops Polres Kendal, Kompol Winarno mengatakan, ketiga skenario dalam mengatur arus lalu lintas tersebut akan diberlakukan yang meliputi dari sistem buka tutup dan satu arah atau one way. “Namun demikian manakala antrean kendaraan sudah mengular akan diberlakukan penutupan total jalan menuju Kaliwungu, khususnya pada kendaraan roda 4 akan dilarang dan kita dialihkan,” terangnya (8/5/2022).

Hanya pengendara sepeda motor yang diperbolehkan melintasi jalan Kaliwungu dan mulai dari kendaraan roda empat lebih, semuanya akan dialihkan ke jalur lingkar Kaliwungu. Pengalihan arus ini dilakukan dari pertigaan pos Lantas pantes hingga Sumberejo mendekati lampu lalu lintas di perbatasan Mangkang Kota Semarang.

Sejumlah titik keramaian saat perayaan syawalan di Kaliwungu terdapat di simpang Sekopek, perlintasan rel kereta api jalan Pandean dan pusat kota atau pasar sore Kaliwungu. 

“Para pengguna jalan arah Semarang dan Jakarta diimbau menghindari pusat kerumunan warga tersebut dan langsung melintasi jalur alteri,” imbuhnya.

Petugas juga mengimbau agar warga yang akan syawalan untuk berhati-hati dan tidak membawa barang berharga karena dapat mengundang kriminalitas.***
Lebih baru Lebih lama