Untuk implementasikan Kurikulum Merdeka, Bimbingan dan Pelatihan digelar di Purwokerto Selatan


Purwokerto, Media Realita News - Kurikulum Merdeka memberikan wawasan baru bagi seluruh elemen pendidikan. Pemerintah melalui Dinas Pendidikan secara bertahap melakukan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). 

Para guru dibekali dengan platform Merdeka Mengajar pada implementasi Kurikulum Merdeka dengan sasaran bagi Guru Kelas 1, 4, PJOK, PAI, dan Kepala Sekolah. Di Aula SD Negeri 5 Teluk dan SD Negeri 3 Karangklesem, Purwokerto Selatan, Bimlat digelar selama 3 hari secara berkelanjutan dari 19 sampai 21 Juli 2022 

Muhamad Takris, M.Pd, narasumber Bimlat Korwilcam Dindik Purwokerto Selatan mengatakan jumlah sasaran di wilayahnya sejumlah 165 orang dari 26 Sekolah Dasar Negeri dan Swasta. 

“Bimbingan dan Pelatihan dilakukan secara bertahap untuk guru dan Kepala Sekolah sasaran. Ke depan semua akan diberlakukan sesuai dengan tahapan implementasi kurikulum merdeka di lapangan,” papar Muhamad Takris, Guru Teladan SD Negeri Berkoh, Purwokerto Selatan tersebut, Kamis (21/7/2022).

Takris menjelaskan, materi yang didiseminasikan merupakan tindaklanjut dari IKM yang telah diikuti para narasumber di tingkat provinsi. Materi yang dikembangkan di antaranya Alur Tujuan dan Pembelajaran, Modul Ajar, Modul Proyek atau P5, Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM), dan sebagai materi tambahan yaitu Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).

Menurutnya, ia tidak sendirian, narasumber yang bertugas menjadi tim diseminasi, yaitu Dra. Siti Rokhani dan Siti Sachriyah, M.Pd., yang akan bertugas tuntas sampai pendampingan, termasuk menghasilkan produk perangkat ajar kurikulum merdeka.

“Tim diseminasi berkolaborasi untuk melakukan tutorial dan pendampingan IKM sampai tuntas dan menghasilkan produk perangkat ajar kurikulum merdeka,” pungkasnya.***
Lebih baru Lebih lama