Puspomuda Vaganza Puskesmas Purwokerto Timur 2 dibuka Wabup


 

Purwokerto, Media Realita News - Dalam rangka hari kesehatan nasional ke-58 tahun 2022 yang bertema Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku, Puskesmas Purwokerto Timur 2 menyelenggarakan Puspomuda Vaganza, Kamis (1/12/2022}. Acara ini merupakan rangkaian acara lomba-lomba yang diikuti sekitar 350 peserta kader balita, lansia dan Posbindu wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Timur 2.


Lomba-lomba yang diadakan tersebut antara lain fashion show kesehatan, penampilan Tik Tok, dan pameran menu PMT.

Acara yang digelar di gedung Futsal GOR satria Purwokerto tersebut dihadiri wakil Bupati Banyumas Drs. H, Sadewo Tri Lastiono, M.M., anggota DPR RI, Wastam, S.E., Plt Kepala dinas kesehatan Banyumas Djoko Setiono, S.Sos., Forkompinca Purwokerto Timur serta para kader PKK dan Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Timur 2.


Naluri Widyaningsih Syamsiedi, SKM., MKM. selaku kepala Puskesmas Purwokerto Timur 2 dalam sambutannya mengatakan bahwa Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat merupakan sarana kesehatan yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Untuk itu peranan puskesmas hendaknya tidak lagi sebagai sarana pelayanan pengobatan dan rehabilitative saja tetapi juga lebih ditingkatkan upaya promotif dan preventif. Karena itu promosi kesehatan menjadi salah satu upaya wajib di Puskesmas. Puskesmas tidak bisa bekerja secara maksimal tanpa ada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan kegiatannya,  alah satunya kader yang aktif mensukseskan kegiatan puskesmas.


Pengusaha yang juga anggota DPR RI asal Banyumas, Wastam, S.E. mengatakan sedang menggodok undang-undang kesejahteraan ibu dan anak, yang tujuannya antara lain memperjuangkan supaya cuti hamil bisa enam bulan supaya kehamilan bisa ditanggung oleh BPJS.


Plt Kepala dinas kesehatan Banyumas, Djoko Setiono, S.Sos., mengapresiasi kerja keras semua kader hingga pada saat puncak hari kesehatan nasional kabupaten banyumas mendapatkan penghargaan berupa kabupaten terbaik yang telah melakukan percepatan untuk stop BAB sembarangan. Banyumas juga berhasil menjadi percontohan pengelolaan sampah secara nasional.


Wakil Bupati Banyumas, Drs. H, Sadewo Tri Lastiono, M.M. dalam sambutan pembukaan acara Puspomuda Vaganza ini menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya Puspomuda tersebut dan berharap kegiatan ini akan bermanfaat untuk guyub dan rukun bareng, karena Puskesmas merupakan garda terdepan untuk menjaga kesehatan masyarakat. Pihaknya juga telah mengusulkan kepada dinas kesehatan agar ibu hamil resiko tinggi diberi gelang untuk memantau kesehatan ibu hamil resiko tinggi tersebut dengan sekali pencet di gelang tersebut, sehingga resiko kematian dari ibu hamil dapat diturunkan. 


Pihaknya juga berharap kegiatan Puspomuda Vaganza ini dapat bersama-sama menyemarakkan dan membudayakan masyarakat hidup sehat (Germas). ***

Lebih baru Lebih lama