Optimalisasi Kinerja 2023, Korem Wijayakusuma Lakukan Evaluasi Progjagar 2022 dan Penyusunan Rancangan Awal Renja Satker TA.2024


Optimalisasi Kinerja 2023, Korem Wijayakusuma Lakukan Evaluasi Progjagar 2022 dan Penyusunan Rancangan Awal Renja Satker TA.2024


Baturaden, Media Realita News - Guna mengoptimalisasi dan meningkatkan kinerja satuan kerja jajarannya, Korem 071/Wijayakusuma melakukan evaluasi menyeluruh khususnya terkait program kerja dan anggaran Tahun 2022 dan penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Satker Tahun 2024.


Rapat evaluasi program kerja dan anggaran Tahun 2022 dan penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Satker Tahun 2024, dipimpin langsung Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., di Balai Pertemuan Kebun Raya Baturaden, Banyumas. Kamis (12/1/2023).


Diikuti Kasrem 071/Wijayakusuma, para Dandim, para para Kasi, para Pasidim dan Batidim yang menangani bidang rengar dan Wabku jajaran Korem 071/Wijayakusuma.


Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan rapat evaluasi pelaksanaan program kerja dan anggaran Korem 071/Wijayakusuma TA.2022 ini untuk menilai dan mengukur sejauh mana pencapaian program kerja dan anggaran satuan kerja Korem 071/Wijayakusuma TA.2022 dan untuk menginventarisir hambatan/kendala selama kurun waktu setahun lalu dan kedepannya dengan mendiskusikan langkah dan mencari solusi pemecahan permasalahannya dalam upaya untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja Tahun 2023.


"Rapat evaluasi ini sarana untuk mengevaluasi seluruh pelaksanaan program kerja dan anggaran TA.2022 serta untuk mengukur pencapaian program kerja dan anggaran TA.2022, menginventarisasi hambatan dan kendala serta merumuskan solusi pemecahan permasalahan dalam rangka meningkatkan kinerja dan daya serap dengan mengedepankan pengelolaan anggaran secara tertib, efektif dan efisien serta transparan dan dapat dipertanggungjawabkan pada TA.2023", terang Kolonel Yudha.


Danrem berharap, melalui kegiatan ini, para pejabat staf dan Dansat dapat melaksanakan koordinasi lebih maksimal lagi. Sehingga semua program yang sudah direncanakan pada TA.2023 dapat dilaksanakan dengan baik dan tertib sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.


Pada kesempatan yang sama, Danrem mengapresiasi atas keberhasilan Korem 071/Wijayakusuma  mendapatkan kembali penghargaan sebagai satuan kerja kategori terbaik pertama dalam kinerja pelaporan pertanggungjawaban Tahun 2022 dan terbaik ketiga kepatuhan penyampaian berkas SPM asli secara lengkap dan tepat waktu dengan indikator kinerja pelaksanaan anggaran (KPA) dilingkungan KPPN Banyumas Tahun 2022 di bidang penyerapan anggaran. 


"Apa yang diterima ini merupakan salah satu bukti keseriusan Korem 071/Wijayakusuma dan jajaran dalam mengimplementasikan program kerja dan anggaran. Kerja keras, disiplin dan komitmen yang kuat bekerja optimal harus kita pertahankan dan kita tingkatkan", paparnya.


"Ini menjadi motivasi kita untuk terus bekerja dengan benar sesuai ketentuan, sehingga pada Tahun 2023 ini akan mendapatkan hasil yang membanggakan lagi", harapnya.


Kolonel yang mantan Dansat-81/Gultor Kopassus ini juga mengatakan, selain dilaksanakan rapat evaluasi Progjagar selama Tahun 2022, juga dilaksanakannya kegiatan menyusun rancangan awal Renja Satker TA.2024.


Dikatakan, rancangan awal Renja merupakan dokumen perencanaan yang disusun pada awal tahun berupa usulan program dan kegiatan bersifat prioritas maupun reguler beserta kebutuhan anggarannya sebagai acuan dalam penyusunan pagu indikatif, jakren dan rancangan Renja komando atas sampai dengan penyusunan RKA.


Danrem menjelaskan, rapat penyusunan ini bertujuan untuk memperoleh penyamaan arah, sehingga dalam penyusunan rancangan awal kerja dapat lebih terpadu, terarah, akurat dan optimal serta mendapatkan saran masukan dan pemikiran khususnya kegiatan yang bersifat prioritas beserta kebutuhananggaran yang akan digunakan pada TA.2024, sehingga dapat memperoleh manfaat yang besar untuk Korem 071/Wijayakusuma.


Rapat evaluasi Progjagar Korem 071/Wijayakusuma TA.2022 dan penyusunan rancangan awal Renja Satker TA.2023 ini juga dilaksanakannya penyerahan penghargaan Satker Terbaik Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma dan Staf Makorem 071/Wijayakusuma Terbaik dalam penyerapan anggaran dan tertib administrasi Progjagar TA.2022. Penyerahan penghargaan diserahkan langsung Danrem 071/Wijayakusuma kepada Satker terbaik1 Kodim 0704/Banjarnegara, Terbaik-2 Kodim 0702/Purbalingga, Terbaik-3 Kodim 0711/Pemalang, dan Staf Terbaik-1 Staf Teritorial, Terbaik-2 Staf Perencanaan, Terbaik-3 Staf Intelijen.


Danrem 071/Wijayakusuma pada kesempatan yang sama juga menyampaikan di tahun 2023 ini, Korem 071/Wijayakusuma berkomitmen menekan angka  Pelanggaran Prajurit, PNS dan KBT nya, baik pelanggaran disiplin, pidana, maupun Lalin. “Menyikapi tahun politik 2024, prajurit, PNS beserta Keluarganya harus Netral. Hal tersebut sesuai disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dalam menghadapi Tahun 2024 dengan adanya Pemilu, prajurit, PNS dan keluarganya harus netral”, tegasnya.


Waspada dan berhati-hati menyikapi perkembangan situasi menjelang 2024 melalui media internet, dan jangan lontarkan komentar apapun akan hal tersebut, jangan terjebak akan opini yang menyesatkan. Selain itu, tentang masalah radikalisme, agar aparat intelijen diwilayah semakin mempertajan kepekaan naluri inteijennya, dan bekerja sama dengan aparat intelijen lainnya di wilayah, untuk dapat menggalang tokoh ataupun oknum anggota masyarakat yang terkontaminasi dengan kelompok teroris agar menyerahkan diri beserta barang bukti dan bekerjasama dengan BNPT mwmutus mata rantai jaringan teroris.


Dibidang Ops, latihan menembak yang diseenggarakan harus diikuti oleh semua prajurit guna memelihara dan mengktakan kemampuannya dalam keahlian menembak.


Dibidang Pers, penempatan prajurit tidak sesuai pengharapan dari masing-masing individu, hal ini karena untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Karena beberapa satuan dijajaran Korem 071/Wijayakusuma masih banyak terjadi kekurangan personel. Para Dansat agar selalu membimbing anggota baru, agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.


Dibidang Log, pembagian jatah harus sesuai dengan peruntukannya, tepat jumlah, tepat mutu, dan tepat waktu, dan tidak boleh ada penyalahgunaan hak prajurit.


Dibidang Ter,  para Dansat harus bisa mengajari prajurit dengan sikap teritorial dan Lima kemampuan teritorial, komunikasi yang baik dan bagaimana cara menempatkan diri.


Dibidang Perencanaan, penyerapan anggaran harus diserap dengan baik, tepat waktu dan tertib administrasi, dan belajar tentang bagaimana proses-proses penyerapan anggaran.***

Lebih baru Lebih lama