Ramai Tolak Bayar Pajak, LPPI : Copot Dirjen Pajak



Jakarta, Media Realita News - Rafael Alun Trisambodo mantan pejabat dirjen pajak, Pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang memiliki harta senilai Rp56 miliar dipermasalahkan oleh masyarakat. 


Banyak masyarakat mengungkapkan keengganannya membayar pajak akibat kelakuan oknum pejabat pajak yang bergaya hidup mewah dan memiliki berbagai macam barang yang dipamerkan.


Demikian penjelasan Ketua Lembaga Pemerhati Pemuda Indonesia (LPPI), Dedi Siregar, dalam keterangannya kepada awak media di Jakarta, Kamis, 09 Maret 2023.


"Kejadian yang menimpa Rafael ini adalah bom waktu bahwa dirjen pajak banyak bobroknya, jadi wajar ada gerakan masyarakat menolak bayar pajak," beber Dedi.


Dedi meminta Menteri Keuangan mencopot Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo, karena dinilai telah lalai melakukan tugasnya dan dianggap orang yang paling bertanggung jawab atas kasus Rafael.


"Mestinya Bu Srimulyani berani memotong kepala bila ekor bermasalah. Kami mendesak Menkeu mengaudit harta kekayaan pejabat dirjen pajak dan mencopot Pak Suryo Utomo," pintanya.


Diketahui, Inspektorat Kemenkeu terus melakukan pemanggilan terhadap 69 pegawai yang dianggap memiliki profil berisiko tinggi, karena diduga memiliki harta yang tidak wajar. Mayoritas ternyata berasal dari dirjen pajak dan dirjen Bea dan Cukai.


"Kami minta bu menteri mengumumkan nama-nama pejabat tersebut, mereka ini orang keuangan paling jago menyamarkan harta kekayaan hasil rampokan keuangan negara," jelas Dedi. (***)

Lebih baru Lebih lama