Ujian Negara Amatir Radio Jawa Tengah di Purwokerto



Purwokerto, Media Realita News  - Sebanyak 76 peserta dari beberapa kota di Jawa Tengah, Minggu (5/3/2023) mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Jawa Tengah di kampus Amikom Purwokerto. Ujian Negara Amatir Radio ini diselenggarakan oleh Balai monitor spektrum frekuensi radio Kelas 1 Jawa Tengah.


Peserta tidak hanya dari Purwokerto saja melainkan dari berbagai daerah di luar Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono berharap agar seluruh peserta ujian dapat lulus seluruhnya dan dapat berkiprah di ORARI (Organisas Amatir Radio Republik Indonesia) yang selama ini sudah banyak berkontribusi terutama dalam kegiatan-kegiatan sosial dan kebencanaan.


Acara ujian ini dibuka oleh kepala Balai Monitor Frekuensi Radio Kelas 1 Semarang yang diwakili oleh Kasubag Umum, Sutrisno, SE. MM. Dalam sambutannya, Sutrisno berharap ujian ini memberikan banyak kontribusi terhadap penggunaan frekuensi radio yang tertib dan tidak saling mengganggu terhadap pengguna frekuensi radio lainnya serta sesuai dengan peruntukannya.


Sebelum ujian dimulai, dilakukan penandatanganan secara simbolis dukungan zona integritas untuk menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani tahun 2023 oleh Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, Ketua ORARI Daerah Jawa Tengah, J.B. Praharto serta Kasubag Balmon kelas 1 Semarang, Sutrisno.


Hasil ujian negara amatir radio ini antara lain yaitu, dari total jumlah peserta sebanyak 76 orang, peserta yang lulus ujian sebanyak 68 orang. Peserta yang tidak lulus ujian sebanyak 5 orang.

Sedangkan peserta yang tidak hadir sebanyak 3 orang.


Untuk ujian tingkat siaga diikuti sebanyak 68 peserta, untuk peserta yang lulus sebanyak 61 orang. Jumlah peserta yang tidak lulus sebanyak 4 orang dan yang tidak hadir sebanyak 3 orang. Untuk ujian tingkat penggalang diikuti sebanyak 7 orang, dengan jumlah kelulusan sebanyak 6 orang dan tidak lulus sebanyak 1 orang. Untuk peserta tingkat Penegak diikuti hanya 1 peserta dan dinyatakan lulus.


Ujian negara amatir radio ini juga diikuti oleh wakil bupati yang juga selaku ketua PMI Kabupaten Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, dr. Tangguh yang juga selaku wakil ketua PMI Banyumas, Ketua KONI Banyumas, Bambang Setiawan, Kepala Dinas Kominfo Banyumas, Yayah Setiyono, ketua Kwarcab Banyumas, Agus Nur Hadie, tokoh budayawan Banyumas, Andy Ismer, pejabat serta tokoh masyarakat Banyumas lainnya. ***

Lebih baru Lebih lama