Cegah Bullying, Polres Sukoharjo Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan ke Sekolah Sekolah


Sukoharjo, mediarealitanews.com - Dalam upaya mencegah dan menanggulangi kasus bullying di tingkat pelajar, Polres Sukoharjo menggelar penyuluhan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah di Kabupaten Sukoharjo.


Kali ini, sosialisasi dan penyuluhan menyasar kepada siswa-siswi SMP di Kabupaten Sukoharjo, Senin (9/10/2023). 


Total ada 25 SMP yang diberikan sosialisasi dan penyuluhan. Salah satu SMP yang didatangi Polres Sukoharjo yakni SMP N 1 Sukoharjo. 


Dalam sosialisasi dan penyuluhan di SMP N 1 Sukoharjo, Wakapolres Sukoharjo Kompol Ismanto, terjun langsung mewakili Kapolres AKBP Sigit, untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya bullying.


Kasubsi Penmas Polres Sukoharjo Bripka Eka Prasetia, mengatakan bahwa sosialisasi pencegahan bullying di sekolah adalah langkah positif untuk melindungi generasi muda.


Namun, masalah bullying bukan hanya tanggung jawab polisi atau sekolah saja. Diperlukan kerjasama dan komunikasi aktif dari semua pihak. Termasuk siswa, guru, dan orang tua, untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan penuh penghormatan atau integritas.



Dengan upaya dan komitmen bersama tersebut, diharapkan dapat membangun dan menciptakan masa depan yang lebih baik. "Tentunya bagi anak-anak dan remaja, dimana mereka dapat tumbuh dan berkembang tanpa rasa takut dan intimidasi," ungkap Bripka Eka Prasetia.



Sebab, anak anak ini adalah harapan bangsa dan aset bangsa dimasa yang akan datang. "Karena itu, mari bersama-sama hindari perundungan siswa dan membangun lingkungan belajar yang nyaman," ujar Bripka Eka Prasetia.



Bripka Eka Prasetia menambahkan, bullying merupakan masalah serius yang dapat mempengaruhi kesejahteraan fisik, emosional, dan psikologis anak-anak dan remaja.

Untuk meningkatkan kesadaran dan pencegahan terhadap fenomena bullying di kalangan anak-anak khususnya pelajar sekolah, Polres Sukoharjo terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan.



“Karena sudah jadi bagian dari upaya kepolisian untuk aktif berperan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi para siswa,” tandasnya. ***


Khnza Haryati

Lebih baru Lebih lama