Jalin Kolaborasi dengan Jurnalis, Lapas Kelas IIB Pati Terima Kunjungan Silaturahmi Awak Media



Pati, mediarealitanews.com - Dalam rangka membangun sinergitas antara Lapas dan rekan media dalam memberikan informasi kepada publik, hari ini Rabu 29 Nopember 2023, rekan media Realitanews.com bersama rekan media tabloidmantap.co.id dan eksnews.id mengunjungi Lapas Pati, yang disambut langsung oleh Kepala Lapas Febie Dwi Hartanto dan didampingi oleh Kepala Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KPLP) Lapas Pati Bapak Mualim juga kepala seksi Administrasi dan Ketertiban Bapak Zove.


Kunjungan yang diterima langsung oleh pihak kepala lapas bertempat di ruang Pembinaan dan Informasi, membahas agenda pembahasan yang dilakukan pihak lapas dalam hal publikasi kegiatan atau keterbukaan informasi publik bagi masyarakat. 


Dalam pertemuan ini kepala lapas Pati  menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada rekan rekan media yang hari ini berkunjung ke Lapas, lanjutnya ia menyampaikan, "agar kunjungan ini merupakan suatu langkah yang baik untuk terus membangun sinergitas, karena kita memiliki berbagai kegiatan untuk warga binaan yang pastinya perlu untuk di publikasikan kepada masyarakat". 


Khanza Haryati jurnalis media Realitanews.com dalam percakapan tersebut menyampaikan,  siap ketika dibutuhkan dalam hal publikasi layanan yang ada di Lapas Pati. 


"Ketika Lapas punya kegiatan, acara ataupun informasi kepada masyarakat, jangan sungkan untuk menyampaikan kepada kita awak media, kita pastinya siap untuk membantu dalam hal publikasi baik website, akun YouTube ataupun media sosial lainnya". 


Kepala Lapas Pati Feby menyampaikan, bahwa keterbukaan informasi kepada publik merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan di seluruh unit pelaksana teknis tanpa terkecuali, sehingga mengharapkan seluruh UPT dapat membangun sinergitas dengan seluruh rekan media di wilayah kerja masing masing dalam kepentingan publikasi layanan yang ada bagi masyarakat dalam hal ini pengguna layanan.


Selain itu, bersama Kepala Pengamanan Lembaga Permasyarakatan dan Kepala Seksi Administrasi dan Ketertiban, kami dipersilahkan untuk melihat-lihat ruang atau bengkel pembinaan bagi warga lapas Pati. Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pati dibina dengan berbagai macam kegiatan, seperti membuat roti, bakso, Bata, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang diperuntukan warga binaan lapas Pati. 


Kualitas roti buatan warga binaan Lapas Apti berani diadu, pasalnya tanpa bahan pengawet dengan harga terjangkau, namun awet hingga 3-4 hari. 


Salah satu produk andalan yang ada di Lapas Pati yakni, Pas_ti SAE Cake&Bakery yang dibuat oleh warga binaan di dalam Lapas Kelas 2B Pati, yang kini sudah mendapatkan ketetapan produk Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, dengan nomor sertifikat ID33110000662051022, yang berlaku pada 1 Desember 2022, itu ditandatangani langsung oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Muhammad Aqil Irham dan dianggap telah memenuhi ketentuan perundang undangan. 


Kepala Lapas IIB Pati, Febie Dwi Hartanto mengatakan, Sertifikat halal merupakan bagian yang penting bagi pelaku industri makanan minuman. Hal itu diatur dalam UU No.33 Tahun 2014, tentang Jaminan Produk Halal. 


"Dengan adanya tambahan label halal pada emasan produk dari Lapas Pati ini, tentunya akan memberikan rasa aman kepada konsumen, sehingga konsumen akan percaya dan loyal terhadap produk dari Lapas Pati, "ungkapnya. 


Lebih lanjut, Mualim mengatakan selain mengedepankan mutu dan kwalitas, proses pembuatan roti ini dilakukan secara teliti, seperti ukuran, pembuatan adonan, hingga proses pencetakan, pengovenan, selalu diawasi terkait kebersihannya, supaya hasilnya benar benar higienis". 


Khnza Haryati

Lebih baru Lebih lama