Iwan Setiawan Bupati Bogor Meluncurkan Bodas ( Bogor Cerdas)


Bogor, mediarealitanews.com - Bertempat di Auditorium Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Bupati Bogor, Iwan Setiawan meluncurkan Program Bogor Cerdas Periode Tahun 2023, Selasa (5/12).


“Bogor Cerdas Karsa ini merupakan tekad untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang mampu bersaing di kancah lokal, nasional, dan global, dimana pendidikan mempunyai peranan  sangat penting dalam mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045,” jelas Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat memberikan sambutan.


Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bogor itu, melalui program Pancakarsa Bogor Cerdas diharapkan mampu menjawab tantangan pelayanan pendidikan yakni, peningkatan Rata-Rata Lama Sekolah (RRLS) tingkat daerah.


“Saat ini Kabupaten Bogor perolehan RRLS berada di poin 8,2 atau setara dengan kelas dua SMP. Maka dari itu  perlu peran semua pihak untuk meningkatkan serta fokus mengedepankan program pendidikan, demi terciptanya layanan program wajib belajar sembilan tahun bagi warga daerah,” ungkap Iwan.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah menuturkan, untuk program Bogor Cerdas tahun 2023 ini mengarah kepada pemberian stimulant bantuan bagi peserta didik kurang mampu di jenjang SDN dan SMPN.


Rincinya, untuk jenjang sekolah dasar penerima sebanyak  19.184 murid dari 1.284 SDN, dan 8.876 siswa penerima di jenjang SMP.


"Bantuan akan langsung disalurkan melalui rekening perbankan BJB masing-masing penerima, dimana total besaran dana yang disalurkan sebanyak Rp. 4.787.000.000 untuk jenjang SD atau satu anak sejumlah Rp. 250 ribu, dan Rp. 2.662.800.000 untuk jenjang SMP atau satu anak sejumlah Rp. 300 ribu,” papar Juanda.


Sambung Juanda, pihaknya berharap dengan adanya bantuan ini mampu meringankan dan dimanfaatkan oleh peserta didik untuk menunjang kegiatan bersekolah.(Admin/Prolap/Disdik)


Red : DanyAW**

Lebih baru Lebih lama