Cap Go Meh di Banyumas Luar Biasa, Ada Kick Andy



Banyumas, Mediarealitanews.com- Andy F. Noya presenter Kick Andy Show di stasiun televisi ternama ibukota mengungkapkan perasaan bahagianya saat menyaksikan Cap Go Meh yang diselenggarakan oleh tempat ibadah Tri Dharma (Buddha, Tao dan Khonghucu) Boen Tek Bio Banyumas (23 Februari 2024).


Perayaan itu telah menarik perhatian warga masyarakat dari berbagai penjuru kota Banyumas. Mereka sudah menunggu keluarnya barongsai dan liongsai dari tempat ibadah tersebut yang juga dikenal warga masyarakat dengan sebutan klenteng, sejak sekitar pukul 18.00 WIB untuk menyaksikan atraksi tarian Barongsai dan Liongsai yang menakjubkan.


Pihak kepolisian setempat bekerja sama dengan warga masyarakat dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengantisipasi dengan mengatur arus lalu lintas dan menutup jalan Pungkuran.


Setelah mengikuti acara ritual dan doa di klenteng, barongsai dan liongsai bergerak diiringi musik tambur dan suara pukulan alat musik perkusi menuju para tamu. Liongsai mengelilingi tamu kehormatan yang antara lain terdiri dari tokoh-tokoh Forkompimcam Banyumas, Camat, Danramil, Polsek, tokoh-tokoh masyarakat dari lintas agama, dan juga para pengurus klenteng Boen Tek Bio.


Sekitar pukul 20.00 WIB barongsai dan liongsai keluar dari halaman klenteng menuju warga masyarakat yang sudah menunggu dengan antusias.


Barongsai beraksi menyerupai singa, menari dan melompat diiringi suara tambur, alat musik perkusi lin da jik. Sementara liongsai menyerupai naga yang panjang, berputar dan diarak di jalan pungkuran hingga gereja yang terletak tidak jauh dari klenteng.


Doso Hidayatulloh Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Widuri menyebutkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan hiburan kepada warga masyarakat yang datang dari berbagai penjuru kota Banyumas memadati halaman klenteng Boen Tek Bio.


Di samping memenuhi kebutuhan spiritual umat, tempat ibadah Tri Dharma Boen Tek Bio juga dimaksudkan sebagai rumah sosial untuk mewujudkan nilai-nilai ajaran luhur, serta keindahan dari budaya China yang telah berusia ribuan tahun.


Andy F. Noya menyampaikan harapannya bahwa dari kegiatan ini masyarakat dapat memperoleh manfaat ekonomi, manfaat kegembiraan, karena acara semacam ini dapat menjadi tujuan wisata yang menarik wisatawan, untuk memberdayakan warga setempat, dan menggerakkan potensi perekonomian yang ada di Banyumas. 




***


Lebih baru Lebih lama