𝐃𝐞𝐦𝐢 𝐓𝐞𝐫𝐜𝐢𝐩𝐭𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐊𝐚𝐦𝐭𝐢𝐛𝐦𝐚𝐬 𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐊𝐨𝐧𝐝𝐮𝐬𝐢𝐟, 𝐏𝐨𝐥𝐫𝐞𝐬 𝐉𝐞𝐩𝐚𝐫𝐚 𝐓𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐚𝐭𝐫𝐨𝐥𝐢 𝐒𝐚𝐡𝐮𝐫





𝐉𝐞𝐩𝐚𝐫𝐚 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬 𝐜𝐨𝐦 - Di bulan Ramadan 1445 H/2024 M, Polres Jepara menggelar patroli sahur untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat ramadan di wilayah Kabupaten Jepara.


Kegiatan Patroli sahur kali ini dipimpin oleh Kasubbagkerma Bagops Polres Jepara AKP Harinto bersama regu piket malam ini. Sasaran kegiatan patroli diantaranya Bank BRI Bulu, Pasar Jepara 2, Alun-Alun 1 Jepara, Jalan Pemuda Jepara, SPBU Kalitekuk dan Jalan Lingkar Mulyoharjo, Rabu (13/03/2024).


Saat dikonfirmasi, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengatakan, bahwa patroli sahur yang digelar oleh jajaran Polres Jepara dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka menekan angka kriminalitas di bulan suci Ramadan  1445 Hijriah.


“Kami menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam bentuk patroli sahur untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka menekan angka kriminalitas, seperti perang sarung atau air, balap liar, pesta petasan dan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis (brong),” ujar Ipda Puji.


Menurutnya, biasanya angka kejahatan meningkat selama bulan puasa hingga Lebaran karena seiring dengan meningkatkan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya mengantisipasi tindakan kriminalitas dan kejahatan itu dengan melakukan patroli sahur bersama warga sekitar.


“Selain berpatroli menjaga keamanan, kami juga menyerap aspirasi dan menggali informasi dari masyarakat terkait dengan bidang keamanan dan ketertiban yang dikeluhkan warga sehingga kami bisa menindaklanjuti dengan cepat,” tuturnya.


Patroli keamanan, kata Ipda Puji, juga dilakukan oleh masing-masing kepolisian sektor (Polsek) mulai menjelang waktu berbuka puasa, tarawih hingga waktu imsak selama bulan puasa 1445 Hijriah. Sesuai arahan Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, semua anggota polsek diwajibkan patroli sahur di wilayahnya masing-masing.


“Kegiatan patroli sahur akan dilakukan secara terus menerus selama ramadan ini. Saya berharap dapat menekan angka kriminalitas dan tindakan kejahatan,” ucapnya.




Saat berpatroli menjaga keamanan, lanjut dia, Polres Jepara juga memberikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat yang berada di lokasi patroli sahur.


“Kami berharap suasana wilayah hukum Polres Jepara  tetap aman dan kondusif selama bulan Ramadan 1445 Hijriah sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan khusyuk,” pungkasnya.


Dalam kegiatan patroli sahur ini mendapatkan respon positif dari masyarakat, salah satunya Arif (42) warga Desa Senenan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, yang mengaku sangat senang dengan adanya patroli ramadan ini. Pasalnya banyak anak-anak yang sering menggunakan sepeda motor sambil kebut-kebutan menggunakan knalpot brong di waktu subuh ini.


“Sangat membantu warga, soalnya banyak anak-anak kalau yang belum tidur suka seenaknya pakai motor cari-cari masalah suka kebut-kebutan gitu, kalau ada patroli gini kan bisa terkontrol,” ujarnya.


Secara terpisah, Kasubbagkerma Bagops Polres Jepara AKP Harinto selaku Perwira Pengendali mengatakan, bahwa kegiatan patroli sahur ini digelar secara rutin mulai dari awal ramadan.


“Kegiatan patroli ini tadi berkeliling ke menyasar tempat-tempat yang rawan terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), seperti perang sarung atau air, balap liar, pesta petasan dan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis (brong),” katanya.


AKP Harinto menambahkan, dalam patroli sahur tersebut dilakukan untuk mencegah tindakan kriminalitas seperti pencurian kendaraan bermotor serta menertibkan anak-anak geng motor yang meresahkan masyarakat di waktu subuh.


“Dalam patroli sahur tersebut, kita juga untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk pencurian kendaraan roda dua maupun apa yang dikatakan masyarakat banyak tongkrongan anak-anak geng motor yang meresahkan,” pungkasnya.


Selain personel Polres Jepara, patroli sahur juga dilakukan secara rutin dan serentak oleh semua Polsek yang ada wilayah hukum Polres Jepara. 



Khnza

Lebih baru Lebih lama