Patung Knalpot "Gardha" Polres Grobogan Diresmikan


𝐆𝐫𝐨𝐛𝐨𝐠𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬𝐜𝐨𝐦 - Sebuah patung setinggi 3,5 meter yang terbuat dari knalpot tak sesuai spesifikasi teknis di Jalan Untung Suropati, Purwodadi, Grobogan diresmikan oleh Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan pada Sabtu (30/3/2024).


Patung yang terbuat dari 550 knalpot berkepala burung garuda tersebut, diberi nama Garuda Bhayangkara atau Garbha yang merupakan maskot Polri.


Untuk diketahui, maskot Polri Garbha bersimbul burung garuda memakai pakaian sarung dan liontin kalung yang mencirikan pakaian adat di Indonesia.


Maskot Polri Garbha adalah representasi Polri yang selalu menjadi shadow masyarakat , dimana masyarakat Indonesia sangat kental dengan entitas keanekaragaman Suku, Agama dan Ras namun tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Garbha didesain runcing yang secara filosofis mengandung arti bahwa dalam menghadapi tantangan dan dinamika kamtibmas yang selalu berkembang.


Maskot ini juga memakai gasper Tri Brata yang menjadi tiga prinsip dalam memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan pada masyarakat serta penegakkan supremasi dan Hak Asasi Manusia (HAM).


Kapolres Grobogan mengatakan, dibuatnya patung Garbha tersebut untuk mengingatkan masyarakat Kabupaten Grobogan agar tak lagi menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.


“Penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis sangat mengganggu ketertiban masyarakat,” kata Kapolres Grobogan.


“Dengan didirikannya patung knalpot ini, harapannya di wilayah Kabupaten Grobogan zero knalpot brong. Selain itu, kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas lebih meningkat dan angka kecelakaan di wilayah Polres Grobogan turun,” tandas AKBP Dedy Anung Kurniawan.


Khnza

Lebih baru Lebih lama