Permadani Kab. Banyumas Wisuda Angkatan Pertama



Purwokerto, Mediarealitanews.com - 
Sebanyak 27 siswa dari Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Kabupaten Banyumas dinyatakan lulus dan melaksanakan "Wisuda Purnawiyata Pawiyatan Panatacara tuwin Pamedharsabda Permadani Bregada 1 Kabupaten Banyumas" bertempat di Pendopo Si Panji Purwokerto, Minggu, 3 Maret 2024.

Para wisudawan tersebut diharapkan dapat berperan serta mendorong wisata budaya terutama budaya Jawa jadi maju dan semakin berkembang, khususnya di Kabupaten Banyumas.

Hadir menyaksikan pelaksanaan wisuda yaitu Pj. Bupati Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Deskart Sotyo Jatmiko dari Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Pj Bupati Cilacap, dan Wakil Bupati Purbalingga.

Hadir pula sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Permadani tingkat nasional, dan sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Permadani yaitu antara lain dari Cilacap, Purbalingga, dan Wonosobo, Magelang, Temanggung, Banjarnegara, Purworejo, dan Kebumen.

Ketua DPD Permadani Kabupaten Banyumas Hamid Sugih Edi, SE, mengatakan bahwa Permadani sudah hadir di 23 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka yang telah lulus dari pendidikan Permadani, saat ini mengabdikan dirinya di berbagai kegiatan budaya Jawa, pasugatan, upacara pernikahan adat Jawa, dan juga terlibat di berbagai kegiatan adat dan tradisi Jawa yang ada di masyarakat.

Lebih lanjut dikatakannya, Permadani Kabupaten Banyumas akan kembali membuka pendaftaran siswa angkatan kedua untuk mengikuti pendidikan bertempat di gedung SKB Purwokerto Utara pada sekitar dua bulan mendatang dengan materi pendidikan di antaranya yaitu pranatacara (MC), rias pengantin, sekar dan gending untuk para nayaga, dll.

Di tempat yang sama, seusai peaksanakan wisuda, dilaksanakan pula secara resmi pelantikan pengurus DPD Kabupaten Banyumas. 

Sekretaris DPD Permadani Kabupaten Banyumas Fajar Kurniawan, S.Pt. mengatakan ada 27 orang pengurus yang secara resmi dilantik untuk masa bakti 2024 - 2028.

Deskart Sotyo Jatmiko mewakili Pj. Bupati Banyumas berharap agar wisudawan dapat terus menjaga budaya Jawa yang kian terkikis oleh pengaruh asing, supaya bangsa ini menjadi bangsa yang lebih besar seperti pada masa Gajah Mada.
Untuk memeriahkan pelaksanaan wisuda dan pelantikan pengurus DPD Permadani Kabupaten Banyumas, ditampilkan tari dari Sanggar Tari Panawangan Wonosobo pimpinan Ibu Yularti M.Pd , dan pertunjukan seni Begalan Ringkes oleh Sdr. Yanto dan Bani.

Lebih baru Lebih lama