30 Calon Haji Dari Kloter 98 Sukoharjo Mendapat Perhatian Khusus

 

𝐒𝐮𝐤𝐨𝐡𝐚𝐫𝐣𝐨 𝐦𝐞𝐝𝐢𝐚𝐫𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐧𝐞𝐰𝐬𝐜𝐨𝐦 - Setidaknya, 30 calon jemaah haji (CJH) kloter 98 Sukoharjo perlu mendapatkan perhatian khusus karena beresiko tinggi.



Direncanakan, kloter 98 Sukoharjo bakal terbang ke Tanah Suci pada Minggu (9/6/2024) pukul 19.00.


Petugas Haji Daerah Kabupaten Sukoharjo dr. Kunari Mahanani mengatakan bahwa secara umum kesehatan CJH asal Sukoharjo sehat. Hasil pemeriksaan, setidaknya ada 79 CJH yang beresiko tinggi.


"Dari 79, 30 perlu mendapatkan perhatian khusus," kata Kunari Mahanani, yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Sukoharjo Kota ini, Minggu (9/6/2024).



Untuk informasi, pada Sabtu (8/6/2024) sore, Bupati Sukoharjo Etik Suryani melepas sebanyak 355 CJH Kabupaten Sukoharjo yang tergabung dalam Kloter 98 Embarkasi Bandara Adi Soemarmo. Mereka diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali.


Rombongan CJH ini terbagi dalam 9 bus, dilepas Bupati Sukoharjo bersama sejumlah pejabat dan Forkopimda dari halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo.


"Hari ini diberangkatkan kloter 98 dengan 9 bus. Mudah-mudahan semua dapat berangkat (beribadah haji) diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah hingga nanti pulang kembali ke tanah air," kata Bupati, Sabtu (8/6/2024).


Seluruh CJH asal Sukoharjo total ada sebanyak 834 jemaah, dimana sebelumnya telah mengikuti acara seremonial pelepasan di pendopo Graha Satya Praja komplek Setda Sukoharjo pada, Selasa (4/6/2024).


"Seperti tahun-tahun sebelumnya, para jemaah kami beri jaket (warna merah), dan lauk pauk sebagai bekal di tanah suci," ungkap Etik.  


Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Kabupaten Sukoharjo, Rujito, dalam kesempatan ditemui wartawan menyampaikan, dari total 834 jemaah calhaj tahun ini terbagi dalam tiga kloter, yaitu 97, 98, dan 99.


"Untuk kloter 98 yang diberangkatkan sore ini seluruhnya dari Sukoharjo, terus nanti sekira pukul 18.00 WIB menyusul berangkat kloter 99 sebanyak 281 jemaah gabungan dengan Kabupaten Wonogiri," ungkapnya.


Sedangkan kloter 97 yang sudah berangkat lebih dulu, Rujito menyebut ada 195 jemaah dari Sukoharjo digabung dengan rombongan calhaj asal Kabupaten Klaten.




"Rombongan kloter 98 akan menginap semalam di asrama haji Donohudan, dan dijadwalkan akan terbang (dari Bandara Adi Soemarmo) menuju ke Arab Saudi besok pagi (Minggu,9 Juni 2024)," terangnya.


Menyinggung kondisi kesehatan jemaah calhaj, Rujito mengungkapkan, untuk tahun ini seluruhnya dalam keadaan sehat. Meskipun begitu ada juga jemaah yang berkursi roda namun sudah disiapkan pendamping.


"Insya Allah, jemaah yang diberangkatkan sekarang kondisinya dalam keadaan sehat. Meskipun ada yang mengalami keterbatasan memakai kursi roda, tapi secara kesehatan tidak mengalami gangguan," pungkasnya. 



Khnza

Lebih baru Lebih lama