CCTV Terpasang di 14 Titik Lokasi Area Traffic Control System (ATCS) Purwokerto

Purwokerto - Sebagai upaya meningkatkan kesadaran warga dalam tertib berlalu-lintas, Pemerintah Kabupaten Banyumas telah memasang 48 rambu peringatan yang terpasang di 14 titik lokasi Area Traffic Control System (ATCS).
Papan peringatan bertuliskan 'Simpang Diawasi Kamera CCTV'. Papan peringatan tersebut menyiratkan semua gerak-gerik pengendara diawasi kamera CCTV.

Hal itu dimaksudkan sebagai sarana preventif dan promotif guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu-lintas. ATCS dilengkapi kamera CCTV yang terhubung langsung dengan ruang kontrol petugas Dinas Perhubungan.

Dengan demikian, para petugas bisa mengantisipasi tanpa harus datang langsung ke lokasi.

"Kebijakan ini dimaksudkan agar tidak ada yang melanggar. Karena jika melanggar akan ketahuan dan terekam kamera CCTV yang terpasang di perempatan jalan," ujar Sugeng Hardoyo, Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas kepada Tribunjateng.com, Rabu (30/01/2019).

Pemasangan kamera CCTV di setiap persimpangan jalan kota Purwokerto juga sebagai langkah awal mempersiapkan tilang elektronik.

Pengguna jalan pada nantinya harus memperhatikan betul rambu-rambu dan peraturan berlalu-lintas. Misalnya saja yang sering terjadi adalah melanggar marka jalan dan tidak menggunakan helm. Semua akan terpantau dan terlihat melalui kamera ATCS.

Salah seorang pengendara sepeda motor bernama Ikhsan (24) warga Purbalingga mengapresiasi pemasangan kamera CCTV di setiap perempatan jalan.

"Sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar tertib lalu-lintas saya kira bagus. Sudah seperti kota-kota besar lain yang menerapkan tilang elektronik," ujar Ikhsan.

Berikut 14 Titik Lokasi Pemasangan CCTV di Purwokerto.

1. Simpang 3 Kalibogor
2. Simpang 4 Tanjung
3. Simpang 4 Karang Pucung
4. Simpang 4 Patriot
5. Simpang 4 Karang Bawang
6. Simpang 4 Pancurawis
7. Simpang 3 Sawangan
8. Simpang 3 BRI
9. simpang 3 Alun-alun Purwokerto
10. Simpang 4 Kebon Dalem
11. Simpang 4 Omnia
12. Simpang 4 Sutosuman
13. Simpang 4 Gor Satria (Aston)
14. Bundaran Adipura Berkoh

Sumber
Lebih baru Lebih lama