Jaga Kesucian Idul Fitri sampai Tahun Depan


Cilacap - Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesucian Idul Fitri bahkan sampai Ramadan tahun depan.



Hal itu disampaikan Bupati usai mengikuti rangkaian sholat Idul Fitri di alun-alun Cilacap, Rabu (5/6/2019).

“Inilah hari kemenangan, saya mengajak masyarakat Cilacap setelah sebulan berpuasa, berjuang melawan hawa nafsu, kedzaliman, kemunafikan, hari ini sudah dibersihkan dan suci. Kita jaga kesucian untuk bekerja, berumah tangga dan apa saja dengan hati bersih dan pikiran jernih. Kita jaga ini sampai Ramadan tahun depan,” jelas Bupati.

Sementara itu Khatib Idul Fitri, Imam Tobroni dalam ceramahnya mengingatkan Idul Fitri melahirkan manusia sejati dan suci.

“Namun karena kondisi lingkungan dan realitas sosial sering mengubah jiwa dan pikiran manusia yang tiba-tiba menjadi pendusta, pengecut, pendengki, tega pada sesama, bakhil dan pendendam,” kata Imam Tobroni yang juga Kepala Kemenag Kabupaten Cilacap. 

Lebih lanjut, hal ini menjadi contoh sekian panjang peristiwa yang dialami manusia yang mengotori fitrahnya.

“Maka puasa yang kita jalani selama sebulan lalu mengembalikan manusia pada kesucian dan Idul Fitri adalah kemenangan,” imbuhnya.

Sholat ied diikuti Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekda Farid Ma’ruf, jajaran Forkopimda dan ribuan jamaah yang memadati alun-alun hingga meluber di Jalan Ahmad Yani, Cempaka dan Katamso.

Usai sholat Ied dilanjutkan kegiatan Open House yang dilakukan di Pendopo Wijayakusuma.

Sumber
Lebih baru Lebih lama