Memperkuat Etika Politik Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila





SALATIGA - Bertempat di Hotel Grand Wahid Salatiga, Jawa Tengah, pada hari Kamis tanggal 27 Juni 2019 telah dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion dengan topik bahasan yaitu "Etika Politik Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila" yang dihadiri oleh sekitar 96 peserta wartawan media cetak dan media online di Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber yaitu Kepala badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah Drs. Achmad Rofai M.Si, Ketua Umum AWPI (Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia) Drs. Nahdiyanto, Dosen UIN Walisongo Semarang Bahrul Fawaid SH.MH, Ketua Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) RM Suwondo dan Ketua Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kode Etik Jurnalistik Sekber IPJT
Ardhi Solehudin yang juga adalah Pimpinan Redaksi "Media Realita News".

Kepala badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah Drs. Achmad Rofai M.Si dalam kesempatan tersebut mengatakan, “Dengan etika politik yang berlandaskan Pancasila akan tecapai budaya politik yang bermartabat, serta menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat."

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu langkah nyata memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, khususnya insan pers agar menyajikan informasi yang proporsional serta membangun demi terwujudnya etika politik di masyarakat, dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Sementara itu, Ketua IPJT RM Suwondo mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah ini, karena dengan demikian nilai-nilai luhur yang terkandung pada setiap butir Pancasila bisa selalu disosialisakan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan politik.

RM Suwondo juga mengajak kepada seluruh pengurus dan anggota IPJT untuk secara serius menguatkan kembali budaya dan nilai-nilai Pancasila di dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan berpolitik, di dalam konteks masa kini dan masa depan.

“Yang juga tidak kalah penting adalah bahwa sebagai pewarta kita harus selalu mengedepankan karya-karya jurnalis yang proporsional dan berimbang agar bisa turut serta dalam mencerdaskan bangsa dengan penanaman nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata RM Suwondo, Pancasila dengan semua butir-butirnya sudah sangat relevan di bumi pertiwi ini, sebagaimana cita-cita mulia para funding fathers bangsa ini dengan meletakannya sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Marilah kita jadikan momentum dalam forum diskusi ini untuk memperkuat kembali nilai-nilai Pancasila, agar tetap menjadi fondasi dan perekat sekaligus payung kehidupan berbangsa dan bernegara dengan terus menerus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian kita, dalam pekerjaan dan aktivitas kita sebagai pewarta. Dengan demikian apa yang kita tulis, apa yang kita kabarkan akan memberikan kesejukan kepada masyarakat," tegasnya.

Sementara itu Ardhi Solehudin, selaku Ketua Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kode Etik Jurnalistik Sekber IPJT, mengingatkan agar para insan pers yang tergabung di dalam Sekber Insan Pers Jawa Tengah dapat memberikan sumbangsih dengan karya-karya jurnalistiknya yang sesungguhnya, sesuai dengan fakta yang ada, tidak membangun opini yang dapat menimbulkan dampak kurang sehat di masyarakat, dan dapat turut serta membangun di bidang perekonomian, pendidikan, hukum dan politik melalui kiat jurnalistik yang sesungguhnya sesuai dengan UU Pers no. 40/1999 dan Kode Etik Jurnalistik serta sesuai UUD 1945 dan Pancasila.





Melihat suksesnya acara tersebut, Sekjen Insan Pers Jawa Tengah, M. Taufik, menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta dan khususnya kepada para anggota Sekber Insan Pers Jawa Tengah yang telah hadir, dan turut serta mensukseskan acara tersebut yang digelar oleh Kesbangpol Prov. Jateng dan Sekber Insan Pers Jawa Tengah. ***

(TRY)
Lebih baru Lebih lama