Rapat Pleno Penetapan Anggota DPRD Kota Magelang

Media Realita News, Magelang
Rapat Pleno terbuka penetapan anggota Dewan perwakilan Daerah  (DPRD) Kota Magelang hasil pemilihan umum 2019 dilaksanakan Sabtu
11 Agustus 2019 di Ruang Semanggi Ballroom Lantai 1 Grand Artos Jl. Mayjen. Bambang Sugeng Magelang.


Hadir Walikota Magelang
Ir. H. Sigit Widyonindito MT,
Wakil Walikota Magelang Drs. Eindarti Agustina, Dandim 0705 Magelang Letkol. Armd Kukuh Dwi Antono SIP, Wakapolres Magelang Kompol Hamami SH, Kajari kota Magelang Wawan Enawan SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Kota Magelang Djohan Aripin SH, Ketua KPU Kota Magelang Drs. Basmar Perianto MM beserta Komisioner, Ketua Bawaslu Magelang Endang Sri Rahayu beserta komisioner, Staf KPU Magelang serta perwakilan ormas, Ketua dan pengurus masing-masing parpol, para saksi parpol serta awak media  dan 100 tamu undangan.



Dalam sambutannya Walikota Magelang Bp. Ir. H. Sigit Widyonindito, M.T mengatakan atas nama pemerintah kota Magelang memberikan penghargaan  setinggi-tingginya kepada penyelenggara pemilihan umum tahun 2019 antara lain kepada KPU Magelang, Bawaslu Magelang dan PPK PPS juga para aparatur keamanan jajaran pemerintah yang terkait sehingga penyelenggaraan pemilu tahun 2019 di kota Magelang  berjalan lancar dan sukses.

Semakin hari makin baik kedewasaan politik di Magelang karena semua telah memberikan pemahaman arti demokrasi di masyarakat, bahkan proses partisipasinya meningkat menjadi 86,9% yang artinya demokrasi baik dari waktu ke waktu dalam menyampaikan pilihannya.

"Kami berpesan yang sudah dicapai mari dipertahankan. Pada tahun 2020 kita akan melakukan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang, saya inginkan suasananya kondusif," ucapnya.

Sementara Ketua KPU Kota Magelang Drs Basmar Perianto  Amron MM mengatakan, "Setelah Pemilu 2019 yang sudah berlangsung, pada malam hari ini kita akan menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang dan mudah-mudahan dalam kegiatan malam hari ini tidak ada halangan suatu apapun.

"Atas nama pemerintah kota Magelang kepada yang merayakan Idul Adha, kami juga sampaikan ucapkan selamat merayakan Idul Adha.  Semoga amal-amal kita diterima oleh Allah SW.  Kita doakan juga saudara kita yang sedang menunaikan ibadah Haji pada tahun ini. Kita doakan dapat melaksanakan rukun wajib dan sunnahnya dengan baik dan sempurna. Semoga kembali ke tanah air dengan selamat menjadi haji yang mabrur dan mabrur," katanya.


Dalam pelaksanaan rapat pleno penghitungan kursi serta penetapan calon terpilih telah dilaksanakan langkah-langkah dan meneliti dengan cermat proses penghitungan perolehan kursi partai politik pemilihan umum, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tahun 2019 tingkat kota Magelang.

KPU Kota Magelang selama ini menggunakan Dasar peraturan undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019. Sebagaimana telah diubah terakhir dengan perubahan atas peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 7 tahun 2011 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019.

Adapun Hasil Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota. Magelang sbb :


Dapil Magelang 1 (Kec. Magelang Selatan) Jumlah 8 Kursi:

1) PKB: H. Sallafudin, SE : 126 suara.
2) GERINDRA : Hadiyono Nugroho: 1.264 suara.
3) PDI P :
a) Stin Sahyutri Soekisno, S.Sos, M.M: 2.772 suara.
b) Joko Mei Budi Utomo: 1.173 suara.
c) Iwan Soeradmoko : 1.116 suara.
4) GOLKAR : Muh Harjadi, S.H : 1.563 suara
5) PKS : Bustanul Arifin, S.T : 1.300 suara.
6) DEMOKRAT : Waluyo : 1.223 suara.

Dapil Magelang 2 (Kec. Magelang Tengah) Jumlah 10 Kursi :

1) PKB : Adi Candra P, A.Md : 1.735 suara.
2) PDIP :
a) Aji Setyawan, S.I.Kom: 3.507 suara.
b) Evin Septa Haryanto K, SH: 1.443 suara.
c) Atang Kustiono, ST : 1.005 suara.
d)  Nieke Corry Elza, A.Md: 960 suara.
3) GOLKAR : Ventje Jehezkiel Rogi : 982 suara.
4) PKS : Imam Musaechoni: 666 suara.
5) PERINDO : Saleh Nahdi, S.E : 1.828 suara.
6) HANURA : H.I.R Jatmiko, S.H : 1.512 suara.
7) DEMOKRAT : Y. IG. Marjinu, S.E : 1.566 suara.

Dapil Magelang 3 (Kec. Magelang Utara) Jumlah 7 Kursi :

1) PKB: Imam Indra Setyawan : 1.581 suara.
2) PDIP:
a) Drs Budi Prayitno : 1.940 suara.
b) Kevin Mahesa Amurwardani : 1.304 suara.
3) GOLKAR: Titik Utami, S.Sos, M.M: 1.250 suara.
4) PKS: Ahmad Widodo: 1.393 suara.
5) HANURA: Tyas Anggraeni BP, S.E, M.Sc : 2.227 suara.
6) DEMOKRAT: Dian Mega Aryani, S.E, M.M: 1.291suara.

Setelah Rapat Pleno Terbuka selesai dilanjutkan Penandatanganan Berita Acara Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Magelang oleh pihak KPU, Bawaslu, dan Saksi Parpol se Kota Magelang.***
Lebih baru Lebih lama