DANDIM INGATKAN UNTUK TINGKATKAN PEMBINAAN TERITORIAL DAN KUALITAS KINERJA

KENDARI - Untuk meningkatkan Pembinaan Teritorial (Binter) maupun kualitas kinerja personel Dandim 1417 /Kendari Kolonel Kav Agus Waluyo, S.I.P., menggelar penyerahan Sarana Komunikasi yaitu berupa Komputer kepada Danramil 1417-13/ Poasia Kapten Inf Bambang Santoso di Lapangan Makodim Jalan Sam Ratulangi, Kendari Barat, Kota Kendari, Senin (25/01/2021).



Beberapa hal disampaikan Dandim 1417/Kendari kepada para Danramil dan Babinsa, di antaranya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan program kerja Babinsa, sehingga dapat mendukung kinerja Babinsa agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas pokok di wilayah Kota Kendari.

“Para Danramil merupakan perpanjangan tangan dari Dandim di wilayah, sedangkan Babinsa adalah Prajurit Aparat Komando Kewilayahan terdepan yang bersinergi langsung dengan masyarakat dan juga ujung tombak TNI AD di Satkowil,” ujar Dandim.

Dandim juga berharap kepada para Danramil dan Babinsa agar memahami tugas dan tanggung jawab serta dapat membangun komunikasi dengan baik terhadap jaring, mitra Koramil dan Bhabinkamtibmas di wilayah binaan teritorial masing-masing, sehingga nantinya Babinsa bisa mudah mendapatkan informasi perkembangan situasi ipoleksosbud hankamnas.

Dandim juga menginstruksikan kepada para Babinsa agar terus mensosialisasikan sekaligus memantau perkembangan di wilayahnya terkait dengan penyebaran Covid-19, sehingga bila ada informasi segera bisa ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat, untuk meningkatkan kemampuan dalam mengaplikasikan hukum di lapangan, pembinaan satuan tingkat Koramil, serta kemampuan dalam menggunakan media sosial dengan baik dan benar.

Sementara Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, S.E., M.M., menjelaskan, tugas dari Komando Rayon Militer (Koramil) adalah menyelenggarakan binter dalam rangka mendukung tugas pokok Kodim. Dengan demikian Koramil menyelenggarakan binter (pembinaan teritorial) di wilayah melalui berbagai macam kegiatan, di antaranya melaksanakan pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara melalui pemahaman yang mendalam tentang tatanan nilai-nilai kebangsaan.

“TNI dari Rakyat berjuang bersama rakyat dan berbuat untuk kepentingan rakyat, di antaranya melaksanakan kegiatan Bhakti TNI serta kegiatan-kegiatan yang lainnya yang berguna untuk rakyat dan kemajuan bangsa Indonesia, selain itu Koramil menyelenggarakan pembinaan Perlawanan Rakyat (Wanra) di daerah, sesuai tanggung jawab di wilayahnya dalam rangka untuk menciptakan ketahanan dan keamanan wilayah dari gangguan-gangguan yang mengancam pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia,” pungkas Pangdam. ***



Lebih baru Lebih lama