MENUNTUT ILMU UNTUK HILANGKAN KEBODOHAN

KHAZANAH ISLAM

Moch. Jam’u, SH, S.Ag

Manusia diciptakan dalam keadaan bodoh, tidak mengenal dan tidak tahu apa-apa. Menghilangkannya adalah dengan menuntut ilmu. 

Penyakit kebodohan hanya bisa sembuh dengan belajar atau menuntut ilmu. Ilmulah yang akan menghilangkan kebodohan sehingga seseorang berada di jalan yang benar dan dijauhkan dari jalan menyimpang.

Niat menuntut ilmu adalah untuk menghilangkan kebodohan pada diri sendiri maupun orang lain. Hal ini karena pada asalnya manusia dilahirkan dalam keadaan bodoh.  

Allah Ta’ala berfirman, artinya:

“ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun. Dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”  (An Nahl : 78).

Dalam ayat di atas, Allah menyebutkan tiga nikmat secara khusus yaitu pendengaran, penglihatan, dan hati karena kemuliaan dan keutamaannya. Ketiga hal ini kunci bagi setiap ilmu. Seorang hamba tidak akan memperoleh ilmu kecuali melaluinya.

Ketika menuntut ilmu agama harus dilandasi tujuan dan diawali niat yang lurus. Niat dan tujuan menuntut ilmu adalah menghilangkan kebodohan pada diri sendiri atau pada orang lain. 

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita ilmu yang bermanfaat dan menghilangkan kebodohan pada diri kita. ***



BACA JUGA

PENANGANAN DARURAT BANJIR DI BARABAI KALIMANTAN SELATAN



Lebih baru Lebih lama