Masjid Agung Surakarta Segera Dibangun, Jadi Replikanya Masjid Syeikh Zayed

SURAKARTA - Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menggelar audiensi di Ruang Walikota dengan biro desain dan konsultasi independen PT Arkonin yang merancang The Surakarta Grand Mosque (Masjid Agung Surakarta) sebagai replika Masjid Syeikh Zayed di Abu Dabi, Jumat (5/3/2021). 



Hadir dalam audiensi tersebut, 3 perwakilan dari Abu Dhabi (UAE) Mohamad Ali Rasid beserta rekan, Kepala Kemenag Surakarta Hidayat Maskur, perwakilan Dubes Indonesia untuk Uni Emirat Arab dan Thohir dari Esco Oil dan Gas.

Gibran berharap pembangunan masjid tersebut dapat mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab khususnya Kota Surakarta.

BACA JUGA:
GNPP Kerja Bakti, Kebersihan Lingkungan jadi Perhatian Khusus 

"Terima kasih atas kedatangan bapak-bapak dari Abu Dhabi dan PT Arkonin. Saya berharap masjid yang akan dibangun nanti memperkuat hubungan yang selama ini terjalin dengan baik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab," urai Gibran.

Sementara itu, Nur perwakilan dari PT Arkonin mengatakan, untuk persiapan sudah dilakukan dengan land clearing untuk peletakan batu pertama pembangunan masjid yang berkapasitas 10 ribu jamaah dilakukan besok hari, Sabtu (6/3).

"Masjid kami rancang agak miring dengan mengarah pada kiblat. Sebelah timur akan ada boulevard. Di sisi depan kita buat air mancur dikombinasikan dengan pohon lokal Kota Solo. Lahan parkir di samping sehingga tidak mengganggu tampak depan," jelasnya.

Masjid Agung di Kota Surakarta ini nantinya mampu menampung 10 ribu jemaah. Sedangkan Masjid di Abu Dhabi dapat menampung 40 ribu jamaah. Namun kubah utama tetap ada 3 seperti masjid aslinya.

BACA JUGA:
Kasat reskrim Polresta-Banyumas Terima Kunjungan Wartawan

Selain untuk tempat ibadah, masjid tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata religi. Bentuk masjid yang indah juga dilengkapi penataan lighting yang sangat menawan dan material berkualitas di antaranya memakai kuningan dan tembaga berkualitas dari Jawa Tengah.

Peletakan batu pertama nanti menurut rencana akan dihadiri Menteri BUMN Erick Tohir mewakili Menko Luhut, Menteri Agama RI, Menteri Energi dan Infrastruktur UEA,  Gubernur Jawa Tengah, Walikota dan Wakil Walikota, Sekda Surakarta dan jajaran perangkat daerah.

"Kami berharap hal ini dapat mempererat hubungan dua negara. Terima kasih atas penghargaannya dengan disambut baiknya pembangunan masjid dari kami. Berharap untuk masa depan persahabatan semakin erat. Kami sangat senang melakukan perjalanan ke Solo," ujarnya.

Sebaliknya Walikota Gibran sangat menghargai atas dukungan Abu Dhabi bagi iklim keagamaan di Kota Surakarta.  ***



BACA JUGA:
Kasat reskrim Polresta-Banyumas Terima Kunjungan Wartawan



Lebih baru Lebih lama