GNPP Adakan Kerja Bakti, Kebersihan Lingkungan Menjadi Perhatian Khusus

PURWOREJO - Untuk mewujudkan Kota Purworejo yang bersih, sehat dan indah seperti yang terkandung dalam slogan Purworejo Berirama yang artinya bersih, aman, tertib, indah dan komunikatif maka erbagai upaya pun dilakukan guna mewujudkan hal tersebut. Salah satunya melalui kegiatan bakti sosial kerja bakti.

Untuk itu Garda NKRI Pengawal Pancasila (GNPP) mengadakan Kerja bakti di Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, Jumat pagi (05/3/2021). 



Mereka bersama warga setempat membersihkan sampah dan membersihkan semak belukar. Kerja bakti ini diharapkan bisa memicu semangat gotong royong seluruh elemen masyarakat untuk terus peduli menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:
Polri Ringkus 12 Teroris Berafiliasi Al-Qaeda

Koordinator Desa GNPP (Kordes GNPP) Wilayah Penungkulan Bp Supiyan menyampaikan apresiasi semangat gotong royong dari anggota GNPP yang terlibat dalam kegiatan aksi bersih lingkungan ini diawali dengan apel bersama di halaman Markas Besar Garda NKRI Pengawal Pancasila yang terletak di Sirembes RT 003/001 Penungkulan Gebang Purworejo.

“Mudah-mudahan ini akan membangkitkan semangat gotong-royong di tengah masyarakat, dan kerja nyata untuk menyelesaikan masalah-masalah peduli lingkungan yang ada di masyarakat Desa Penungkulan, khususnya kebersihan pemakaman umum. Sebab, lingkungan yang bersih akan tercipta keindahan dan kenyamanan, dan bisa dipastikan resiko penyakit-penyakit tidak akan muncul,” tegas Bp Supiyan.

Komandan Rayon GNPP Gebang Bp Asngari mengatakan, kerja bakti ini juga sebagai upaya pengurangan resiko bencana, terlebih saat ini telah memasuki musim penghujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

BACA JUGA:

“Selain di lingkungan Pemakaman Umum kami juga membersihkan sampah yang ada di sekitar bantaran irigasi Sungai Bogowonto yang berlokasi di Desa Penungkulan. Upaya kebersihan ini terus kami maksimalkan sebagai upaya pengurangan risiko banjir. Apalagi saat ini sudah musim penghujan, banyak saluran-saluran yang mampet karena adanya tumpukan sampah yang berserakan dan dibuang tidak pada tempatnya yang bisa menyebabkan banjir jika tidak dibersihkan,” terang komandan rayon GNPP.

Sementara Ketua Umum GNPP Gus Anam mengungkapkan bahwa antusias seluruh anggota Aktivis GNPP dalam mengikuti kegiatan kerja bakti sangat luar biasa. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan para RT/RW yang berada di wilayahnya untuk terus mensosialisasikan peduli linkungan.

“Kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama terkait penanganan sampah ini sudah baik dan perlu terus ditingkatkan. Kami senantiasa mengingatkan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, kebersihan lingkungan ini merupakan tanggungjawab bersama untuk selalu dijaga,” jelas Gus Anam.

Selain sosialisasi ke warga, Kata Sekjend GNPP Bp Fatkhul Mujib, juga menggalankkan bank-bank sampah di tingkat Desa Penungkulan. Khususnya untuk membangun kesadaran masyarakat turut aktif memilah sampah.

“Kami juga menginginkan warga juga bisa memilah sampah. Disamping itu, kami juga dari GNPP telah rutin melakukan kerja bakti dengan mengerahkan para Anggota untuk kerja bakti di wilayah mereka masing-masing setiap hari Jumat,” pungkas Fatkhul Mujib. ***

BACA JUGA:
Kasat reskrim Polresta-Banyumas Terima Kunjungan Wartawan




Lebih baru Lebih lama