Pemred Media Realita News Kunjungi Ponpes Al-Huda Purworejo

PURWOREJO - Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Realita News (MRN) Ardhi Solehudin melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Huda yang terletak di Dusun Sirembes, Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (1/3).



Kedatangan Pemred MRN disambut hangat oleh KH Muh Barzachi Yusuf selaku pimpinan Ponpes Al-Huda.

Bagi Ardhi Solehudin kunjungan ini adalah kunjungan untuk yang kesekian kalinya dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahmi.

Turut serta dalam kunjungan tersebut Wakil Pemred Hadi Try Wasisto, dan beberapa wartawan MRN. Sebagai Pimred Ardhi Solehudin mengaku bahwa dirinya dan Wapimred Hadi Try Wasisto dan wartawan MRN selalu berusaha menjalin hubungan silaturahmi yang erat dengan siapa pun terlebih kepada para kyai. 

"Menjalin silaturahmi dengan para kyai sebagai pewaris nabi, dan membangun ukhuwah Islamiyah, dapat menjadi pembuka pintu berkah dan mendekatkan rezeki," demikian dikatakan Ardhi Solehudin.

BACA JUGA:
Kapolri Terbitkan Surat Edaran Penanganan Kasus UU ITE

Pondok pesantren Al-Huda yang dikunjungi oleh Pimred MRN dan rombongan wartawan ini didirikan pada tahun 1914, dengan urutan pengasuhnya yaitu pertama Alm. Kyai Yusuf selaku pendiri, kemudian menantunya yaitu Alm. Muhammad Misbah, kemudian sekarang dilanjutkan oleh puteranya yaitu KH. Muh Barzachi Yusuf.



Jumlah santri di Ponpes Al-Huda saat ini ada sekitar 100 santri putra dan putri, dengan tanpa dikenakan biaya apapun alias gratis. Kegiatan di pondok pesantren tersebut antara lain melaksanakan sholat berjamaah, yang diikuti juga oleh warga di sekitarnya.

"Setiap 40 hari sekali diadakan pengajian rutin yang dihadiri oleh warga. Banyak juga yang datang dari desa-desa lain," ujar KH. Muh Barzachi Yusuf.

BACA JUGA:
Vaksinasi Massal bagi Pedagang dan Pekerja Sektor Informal

Setiap satu tahun sekali diadakan kegiatan haul dan khataman haflah akhirussanah Ponpes Al-Huda yang diawali dengan kegiatan pawai keliling desa.  

"Jamaah datang dari warga sekitar dan beberapa daerah lain, di antaranya dari Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Temanggung, Yogyakarta, Jakarta dan masih banyak lagi," ungkapnya.

"Beberapa tokoh besar yang pernah datang berkunjung di Ponpes Al Huda di antaranya adalah Ir H. Akbar Tanjung, Haji Rhoma Irama, dll," ujar KH. Muh Barzachi Yusuf.

BACA JUGA:
Terobosan UMKM ke Pemasaran Global dengan Transformasi Digital

Menurut pimpinan Ponpes Al-Huda ini, membangun pesantren identik dengan menjaga nilai-nilai luhur Islam. 

Pondok pesantren adalah penjaga ajaran ahlussunah wal jamaah. Perannya dalam menjaga NKRI tidak diragukan. Pondok pesantren tercatat sejarah karena perannya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia melalui resolusi jihad KH Hasim Asyhari. Oleh karena itu Pondok Pesantren Al-Huda sebagai basis pembangunan umat Islam menjadi perhatian KH. Muh Barzachi Yusuf, dengan memegang teguh nasehat dan karomah Kyai Yusub untuk dapat mengiringi langkahnya menuju kesuksesan pada masa yang akan datang. ***




Lebih baru Lebih lama