Viral karena dibilang duduk di meja


JAKARTA - Telah beredar komentar dan keterangan pada sebuah foto yang menyebutkan jika Gibran duduk di atas meja berhadapan langsung dengan Basuki yang duduk di kursi. Gibran lantas dikritik karena dinilai tidak sopan. Berikut ini informasi selengkapnya.


Dikutip dari KBRN Guru Besar Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Sardono W Kusumo yang juga hadir dalam pertemuan itu menjelaskan bahwa tempat yang diduduki Gibran adalah kursi penonton (29/3).


"Itu tempat duduk penonton untuk acara pertunjukan seni. Justru tempat duduk di bawah itu biasa dipakai tamu undangan," katanya.

Sardono menambahkan, Gibran awalnya hendak duduk di kursi yang selevel di samping Basuki. Ia pindah ke kursi yang lebih tinggi karena diminta oleh Basuki.


"Awalnya Mas Gibran mau duduk di samping Pak Basuki. Sama Pak Basuki diminta duduk di atas karena kita mau diskusi," katanya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merespons unggahan viral di media sosial tersebut. Ia mengatakan, tempat yang diduduki itu bukan meja seperti yang diduga tapi ia menduduki kursi penonton yang memang desainnya berundak.


"Kan sudah dijelaskan sama yang punya rumah. Itu bukan meja tapi kursi yang kayak tribun itu lho," kata Gibran saat ditemui di sela peninjauan Lapangan Latihan Piala Dunia U-23 Kotabarat, Senin (29/3).


Putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga mengaku duduk di kursi yang lebih tinggi karena diminta oleh Menteri Basuki agar lebih nyaman berdiskusi.


"Pak Basuki minta saya duduk di situ karena memang lagi diskusi, jadi biar posisinya berhadap-hadapan," katanya.


Kesimpulannya, bahwa Gibran bukan duduk di meja melainkan duduk di bangku yang didesain seperti meja. ***





Lebih baru Lebih lama