Gempa terasa di Magelang


MAGELANG - Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 terasa di Magelang, Jawa Tengah (10/4). Dari informasi BMKG, disampaikan bahwa gempa bumi yang terjadi pada pukul 14.00 WIB hari ini terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 80 km.


"Gempa bumi ini merupakan merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik," tulis BMKG.


"Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M 6,7 kemudian di-update menjadi magnitudo M 6,1," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, lewat keterangan tertulis, seperti dilansir detikcom


BACA JUGA:
Tanggapi Denny Siregar, Munarman katakan hanya mau menanggapi manusia


Guncangan gempa bumi ini juga dirasakan di daerah Malang, Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara.


Hingga saat ini belum diterima laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.***

Lebih baru Lebih lama